Wow! Ada Bonsai Sultan, Harganya Setengah Miliar Rupiah!

Didik Dono, Jurnalis · Selasa 22 Juni 2021 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 22 455 2429124 wow-ada-bonsai-sultan-harganya-setengah-miliar-rupiah-9GJF3nezxS.jpg Tanaman Bonsai Sultan (Foto: Didik/Okezone)

TEMANGGUNG - Tanaman bonsai identik sebagai tanaman mini dalam pot penghias rumah. Tapi bagaimana kalau ternyata ada harga bonsai mencapai setengah miliar?

Bonsai mahal tersebut berjenis Beringin Arjuna milik dari Zuhdan Latifudin yang memimpin Bonsai Zuhdan. Dirinya mengaku tanamannya tersebut sudah berumur 25 tahun. Tanamannya pun menjadi ikon dalam Pameran Bonsai Negeri Tembakau yang digelar di Temanggung.

Baca Juga: Raup Cuan! Ide Kreatif Driver Ojol Ubah Bonsai Kelapa Jadi Ladang Duit

"Bonsai ini terakhir kali ditawar seharga setengah milyar Rupiah," ujar Zuhdan saat ditemui kontributor MNC.

Namun oleh sang pemilik tawaran tersebut tidak diterima. Alasannya karena bonsai ini sering menjadi juara dalam berbagai kontes bonsai baik skala lokal hingga ke luar negeri.

Baca Juga: Sukses Budidaya Bonsai, Suyanto Bergelimang Harta

Zuhdan menceritakan tanaman mini ini sering dipuji karena sangat indah dan nampak rindang. Walaupun tingginya hanya setengah meter. Namun begitu diletakkan di dalam pot besar bonsai ini langsung menjadi primadona pengunjung pameran di Temanggung tersebut. "Pohon ini matang dan dapat dibentuk selama delapan tahun terakhir," jelasnya.

Pameran Bonsai Negeri Tembakau ini digelar di halaman GOR Bambu Runcing, Kowangan, Temanggung. Acara penting bagi pecinta tanaman ini diikuti oleh ribuan bonsai dari penjuru tanah air. Berbagai macam bentuk dan jenis bonsai yang sangat unik dan menarik dipamerkan di sini.

Karena masih dalam pandemi covid19 pengunjung pameran dibatasi. Pameran ini dibuka terbatas dengan jam kunjungan yang dimulai pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam. Durasinya juga dibagi dalam beberapa sesi dimana di tiap sesinya diberikan jeda 30 menit. Tidak hanya itu, kapasitas ruangan dibatasi hanya 50 pengunjung untuk masuk area pameran. Mereka juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq berharap dengan adanya pameran ini bisa menggairahkan minat masyarakat untuk bonsai di Temanggung. "Selain itu juga dapat menggerakkan ekonomi khususnya di kalangan penggemar bonsai Kabupaten Temanggung," kata Khadziq.

So, bagi para pecinta Bonsai tidak ada salahnya melihat pameran ini di GOR Bambu Runcing Kowangan Temanggung yang akan di gelar hingga kamis 24 Juni mendatang. Kamu tak hanya sekedar melihat pameran saja, karena para pengunjung juga bisa membeli aneka tanaman hias dan bibit bonsai di sana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini