Uji Klinis Vaksin GX-19N, Kalbe Belum Pastikan Bisa untuk Anak-Anak

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 19:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 320 2438364 uji-klinis-vaksin-gx-19n-kalbe-belum-pastikan-bisa-untuk-anak-anak-XbS4sJ3gMn.jpg Uji Klinis Vaksin GX-19N. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk belum memastikan vaksin GX-19N asal Korea Selatan, Genexine Inc, bisa digunakan untuk anak-anak. Vaksin GX-19N fase 2B/3 pun sedang dalam tahap uji klinik.

Ketua Tim Peneliti uji klinik vaksin GX-19N Iris Rengganis menyebut, uji klinis vaksin yang dilakukan hanya menggunakan sampel orang dewasa. Sampel manusia diambil dari usia 18 tahun ke atas. Karena itu, belum dipastikan GX-19N dapat digunakan bagi anak-anak.

Baca Juga: Harga Obat Tinggi, Importir dan Produsen Diperiksa

"Karena di kita (Indonesia) hanya untuk dewasa saja. Tapi di Korea apakah juga untuk anak nanti tanyakan," ujar Iris, Jumat (9/7/2021).

Sementara itu, Direktur Kalbe Farma Sie Djohan memperkirakan, hasil uji klinis fase 2B/3 belum menghasilkan data untuk menjawab apakah vaksin ini dapat digunakan untuk anak-anak. Sebab, sampel yang digunakan adalah sampel orang dewasa.

Baca Juga: Menko Luhut: 30 Oksigen Konsentrator dari Singapura Masuk RI Hari Ini

"Apakah vaksin ini bisa digunakan untuk anak? Saya rasa saat ini yang akan kita lakukan uji klinisnya adalah untuk pasien dewasa di atas 18 tahun mungkin sampai pasien orang tua. Jadi untuk hasil uji 2B/3 ini belum hasilkan data yang kita butuhkan apakah bisa digunakan untuk anak atau tidak," kata dia.

Meski demikian, untuk mengetahui apakah vaksin Covid-19 tersebut dapat digunakan kepada anak-anak, maka perlu dilakukan klinis dengan menggunakan sampel anak-anak.

"Untuk itu, kita harus melakukan uji klinis terpisah untuk anak-anak," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini