Geser Jack Ma, Bos Baterai Mobil Listrik Jadi Orang Terkaya di China

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Minggu 11 Juli 2021 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 11 455 2438875 geser-jack-ma-bos-baterai-mobil-listrik-jadi-orang-terkaya-di-china-fC3uYFryv8.jpg Zeng Yuqun Jadi Orang Terkaya di China. (Foto: Okezone.com/BBC)

BEIJING - Zeng Yuqun menjadi orang terkaya di China. Pendiri produsen beterai kendaraan listrik terbesar di dunia Contemporary Amperex Technology ini pun menggeser posisi orang terkaya sebelumnya, yakni pendiri Alibaba Group Holding, Jack Ma.

Berdasarkan Bloomberg Billionaires Index, kekayaan bersih Zeng Yuqun melonjak menjadi USD49,5 miliar atau setara Rp717,72 triliun seiring dengan melonjaknya saham perusahaan sepanjang tahun ini. Sementara kekayaan Jack Ma tercatat USD48,1 miliar atau Rp697,42 triliun. Ini menjadikan Zeng salah satu dari lima orang terkaya di Asia untuk pertama kalinya.

Baca Juga: Orang Super Kaya Bermunculan di Iran

Laporan SNE Research menyebutkan, penjualan baterai kendaraan listrik global meningkat lebih dari dua kali lipat dalam lima bulan pertama tahun ini dibanding tahun sebelumnya, di mana pangsa pasar CATL mencapai 31,2% dan merupakan yang terbesar. Sementara menurut Asosiasi Mobil Penumpang China, penjualan kendaraan listrik di Negeri Tirai Bambu itu naik 9,8% pada 2020 menjadi 1,1 juta unit.

Sejalan dengan tingginya permintaan kendaraan listrik dipicu dengan banyaknya negara yang mulai mengurangi emisi karbon, saham CATL melonjak lebih dari 20 kali lipat sejak perusahaan tersebut go public di Bursa Shenzhen pada 2017 lalu. Bahkan tahun ini, saham CATL naik 59%.

Baca Juga: Jeff Bezos-Bill Gates Investasi Rp2,2 Triliun untuk Makanan Jamur

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini