Teten Targetkan Kontribusi Koperasi ke PDB 5,5% pada 2024

Antara, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 320 2439273 teten-targetkan-kontribusi-koperasi-ke-pdb-5-5-pada-2024-aTXzzvKrel.jpg Menkop UKM Teten Masduki Ingin Koperasi Berkontribusi untuk PDB (Foto: Setkab)

JAKARTA - KemenkopUKM menerapkan sejumlah langkah strategis untuk menjadikan koperasi sebagai sektor yang berkontribusi 5,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional pada tahun 2024.

"Rencana pengembangan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke depan, menargetkan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional sebesar 5,5% pada tahun 2024," kata Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (MenkopUKM) Teten Masduki dilansir dari Antara, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Ada Holding Ultra Mikro, Bagaimana Nasib Koperasi Simpan Pinjam?

Teten menjelaskan selain target kontribusi 5,5% terhadap PDB nasional, pihaknya juga menargetkan terwujudnya 500 koperasi modern sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Guna mewujudkan target tersebut, KemenkopUKM menerapkan sejumlah langkah strategis untuk mengembangkan koperasi, di antaranya adalah transformasi kelembagaan dan usaha koperasi, dukungan regulasi berupa Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 dan PP Nomor 7 Tahun 2021 yang memuat berbagai kemudahan dan peluang bagi koperasi.

Baca Juga:  Gelapkan Uang Koperasi Rp9 Miliar, Wanita Cantik Ini Ditangkap Polisi

Kemudian mendorong perubahan pola pikir wirausaha (mindset entrepreneurship) koperasi, khususnya Koperasi Simpan Pinjam untuk membiayai sektor-sektor produktif.

Selanjutnya mendukung inovasi melalui digitalisasi dan membangun ekosistem usaha yang aman dan kondusif.

 "Dengan langkah-langkah strategis tersebut diharapkan dapat me-rebranding koperasi sebagai entitas bisnis yang modern, kontributif, dan kompetitif," ujar Menkop Teten Masduki.

Dia menambahkan KemenkopUKM akan terus berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan melalukan sosialisasi dan publikasi agar ekonomi kerakyatan melalui koperasi kian meningkat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini