Permintaan Hewan Kurban di Bawah 50%, Peternak Harap-Harap Cemas

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 320 2439556 permintaan-hewan-kurban-di-bawah-50-peternak-harap-harap-cemas-Yk1fyk2tFH.jpg Penjualan Hewan Kurban Tahun Ini Menurun. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Permintaan hewan kurban masih di bawah 50% dari jumlah yang disediakan di lapangan. Ketua Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia (PPSKI) Nanang Purus Subendro memprediksi terjadi penurunan permintaan hewan kurban tahun ini lebih dari 10%.

"Kami kondisinya harap-harap cemas, di mana harapan para peternak yang hadirnya setahun sekali, tetapi melihat sampai hari ini H-8 permintaan hewan kurban masih di bawah 50% dari yang disiapkan di lapangan," ujarnya dalam diskusi Ketersediaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha secara virtual, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Pemotongan Hewan Kurban Diproyeksi Turun 10% Tahun Ini

Menurut dia, di tahun 2020 meski sudah ada pandemi namun pihaknya masih optimis karena realisasi di pasar masih cukup bagus. Sementara tahun ini permintaan hewan kurban diprediksi akan lebih turun lagi.

"Memang dari awal para peternak sudah memprediksi akan terjadi penurunan sehingga para pedagang sudah mengantisipasi dengan menurunkan jumlah stok yang ada di lapangan. Tapi ternyata dari yang disiapkan itupun tidak semua terserap," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Pasokan Pangan Dipastikan Aman

Nanang menuturkan, bagi peternak sapi lokal, Idul Adha menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Sedangkan Idul Fitri meski harga daging sapi naik, namun harga sapi masih tetapi flat. Di sisi lain, pelemahan daya beli juga berimbas pada permintaan hewan kurban.

"Hewan kurban yang diminati relatif yang kecil dengan harga di bawah Rp23 juta tetapi syaratnya harus gemuk dan sudah dewasa. Itu sudah memenuhi syarat kurban," tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian (Kementan) memproyeksi pemotongan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini akan turun 10% menjadi 1,5 juta ekor dibandingkan tahun lalu.

Terkait ketersediaan hewan kurban untuk Idul Adha tahun 2021, berdasarkan data yang dihimpun Kementan, total ketersediaan untuk hewan kurban sebanyak 1.767.522 ekor yang terdiri dari sapi lokal dan eks impor, kerbau, kambing, dan domba.

"Jadi jika kita melihat terkait dengan perkiraan jumlah pemotongan hewan kurban yang mengalami penurunan sekitar 10% dibandingkan tahun 2020 dan jika dibandingkan ketersediaan hewan kurban maka ini masih bisa terpenuhi," ujar Direktur Kesehatan Hewan Kementan Nuryani Zainuddin. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini