Pengendalian Pandemi Covid-19 Jadi Kunci Indonesia Naik Kelas Lagi

Anggie Ariesta, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 320 2439878 pengendalian-pandemi-covid-19-jadi-kunci-indonesia-naik-kelas-lagi-TvREkDlix1.jpg Ekonomi RI (Foto: Okezone)

JAKARTA - Indonesia turun kelas ke peringkat lower middle income atau kelas bawah diketahui sebab pendapatan nasional bruto hanya 3.979 USD/kapita. Selain itu kondisi Indonesia di tahun 2020 yang terpuruk dikarenakan pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan ekonomi hanya di 2,07%.

Direktur Eksekutif Core Indonesia, Mohammad Faisal menegaskan bahwa pemerintah mesti menyelesaikan masalah penanganan Covid-19 di Indonesia terlebih dulu.

"Tentu saja itu PRnya yang harus diselesaikan dulu, kita tidak bisa menggerakkan ekonomi pada saat pandemi masih ada, karena ekonomi kita bergantung pada kontak fisik antar manusia, bergantung pada mobilitas agar bisa bergerak dan ini kita tidak bisa bergerak dengan baik karena adanya pandemi," jelas Mohammad Faisal dalam program Market Review IDX Channel, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Indonesia Turun Kelas Jadi Negara Menengah Bawah, Ekonom: Tidak Mengejutkan

Faisal juga menyebut dengan adanya PPKM darurat yang diharapkan efektif menekan laju kasus pandemi yang akhirnya masuk ke tahap pemulihan ekonomi. "Tapi ketika setelah PPKM darurat kita harapkan efektif bisa menekan laju pandemi, juga yang dijalankan vaksinasi untuk menuju herd imunity bisa tercapai nah ini sudah bisa masuk ke tahap pemulihan," ujarnya.

Dengan demikian, Faisal berharap setelah itu pemerintah menjalankan program transformatif juga sudah bisa mulai pada saat pandemi berhasil dikendalikan. "Pengendalian pandemi disaat yang sama penciptaan lapangan pekerjaan dan produktivitas itu bisa berjalan bersamaan," katanya.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan agar Indonesia Naik Kelas Lagi

Faisal juga melihat dari skenario positif bahwa pemerintah optimis bisa naik kelas lagi.

"Skenario lebih optimis di tahun ini pertumbuhan ekonomi kita sudah bisa positif kembali karena tahun lalu kan negatif, jadi artinya kalo kita positif lagi kemungkinan naik per kapitanya itu besar," jelasnya.

Faisal juga bisa memprediksi lagi bahwa Indonesia bisa naik ke Upper Middle Income pada tahun 2022.

"Bukan masalah bisa naik atau tidak tapi perjalanan kita masih panjang untuk ke high income," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini