3 Modal Utama Perempuan agar Bisa Berinvestasi

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 622 2440298 3-modal-utama-perempuan-agar-bisa-berinvestasi-5flDUo1p2s.jpg Tips Memulai Investasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Saat ini masih banyak anak muda yang takut investasi. Pasalnya, bagi pemula, investasi terlihat sangat rumit dan sulit untuk dipahami. Tidak terkecuali yakni pada kaum perempuan.

Namun, Perencana keuangan dan CEO Zap Finance Prita Hapsari Ghozie mengatakan, perempuan mempunyai angka harapan hidup di Indonesia yang lebih tinggi daripada laki-laki. Selain itu, perempuan juga mempunyai jam kerja yang lebih pendek.

Baca Juga:  Jangan Takut! Ini 3 Tips Berinvestasi untuk Pemula

“#temanPrita tahu ga, bahwa saat ini, perempuan itu punya angka harapan hidup di Indonesia mencapai 73,46 tahun (yang lebih tinggi daripada laki-laki). Sedangkan, perempuan juga umumnya bekerja dengan durasi lebih pendek untuk berbagai alasan,” tulis Prita di akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: MNC Sekuritas Bocorkan 4 Langkah Membuat Trading Plan, Ini Caranya!

Menurut Prita, dengan berinvestasi kaum perempuan bisa hidup sejahtera hingga masa tua yang akan datang. Oleh karena itu, banyak keuntungan yang akan didapat jika melakukan investasi sejak dini.

“Jadi, kalau tidak berinvestasi, sebenarnya aku khawatir perempuan tidak sanggup untuk hidup sejahtera hingga masa tua nanti. Yuk, pelan-pelan #InvestasiBarengPrita,” ujar dia.

Dikutip dari akun Instagram pribadinya @pritaghozie, ada tiga modal utama agar kaum perempuan bisa memulai berinvestasi. Tiga modal utama tersebut, yaitu modal ilmu, modal waktu, dan modal berani.

Sementara itu, Prita menjelaskan, untuk berani menjadi investor di pasar modal, kaum perempuan bisa memulainya dengan tiga langkah mudah.

“Perempuan harus BERANI mulai berinvestasi karena harapan hidup yang panjang, bersiap untuk masa depan yang nyaman dan meraih financial freedom!...dan dijamin wajah pun cerah saat dompet kita cerah, setuju?,” jelas dia.

Berikut tiga langkah mudah kaum perempuan untuk berani menjadi investor ala Prita Ghozie:

1. Mulai dari basic seperti reksa dana pasar uang, baru kemudian reksa dana saham. Tidak pusing pilih emiten, karena sudah ada Manajer Investasi.

2. Jika sudah berjalan 3 – 6 bulan dan mulai paham, maka bisa merasakan feeling jual-beli dengan investasi di ETF. Produk ini adalah reksa dana tapi diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

3. Membeli saham yang mudah dijual-beli (likuid), tergolong blue chips dan kamu mengenal perusahaannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini