Jokowi Bagikan Paket Obat Gratis ke Pasien Covid-19, Berikut Isinya

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 15 Juli 2021 18:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 15 320 2441254 jokowi-bagikan-paket-obat-gratis-ke-pasien-covid-19-berikut-isinya-y5WZH83X6R.jpg Presiden Jokowi Bagikan Paket Obat Gratis ke Nasabah Mekaar, (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA- Presiden Jokowi memberikan paket obat gratis bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah. Penyerahan paket obat isoman pun secara simbolis diberikan di halaman Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Jokowi menyerahkan paket obat isoman kepada dua perwakilan nasabah PNM Mekaar. Kedua perwakilan tersebut adalah Okki Oktaviani dan Martini, yang masing-masing menerima paket isoman 1.

Baca Juga: Erick Thohir: Alhamdulillah Pak Jokowi Bagikan 600.000 Paket Obat Gratis

Okki Oktaviani satu-satunya yang tidak terpapar Covid-19 disaat suami, anak, dan keponakan yang tinggal satu rumah dengannya sedang melakukan isolasi mandiri. Dia merupakan nasabah PNM Mekaar yang sehari-hari berjualan donat, namun usaha Okki terpaksa dihentikan karena suami yang bekerja sebagai supir ojek online, anak, serta keponakannya sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Pemenuhan obat-obatan dan vitamin untuk ketiga anggota keluarganya diusahakan sendiri dengan uang yang masih tersisa.

Baca Juga: Ada 480 Juta Vaksin, Menko Luhut Ingin Vaksinasi di Jakarta Lebih Tinggi

Usaha katering Martini terpaksa berhenti karena suami yang berprofesi sebagai supir angkot terpapar Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Kebutuhan obat dan vitamin dibelinya sendiri mengandalkan uang yang masih tersisa dengan bantuan tetangga dan RT setempat.

Dua cerita nasabah PNM Mekaar di atas adalah realita yang sedang dihadapi masyarakat belakangan ini, akibat pandemi yang masih menjadi tantangan. Paket obat isolasi mandiri gratis dari pemerintah diharapkan dapat meringankan beban dan membantu pemulihan kesehatan anggota keluarga yang terpapar.

Pada tahap awal pemerintah akan bagikan 300.000 paket isoman kepada masyarakat terdampak di Pulau Jawa dan Bali, disusul 300.00 paket bagi masyarakat di luar Pulau Jawa dan Bali. Ada tiga jenis paket isoman yang akan dibagikan yang masing-masing untuk tujuh hari.

Paket 1 berisi vitamin untuk warga dengan hasil swab PCR positif tanpa gejala (OTG). Paket 2 berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif dengan keluhan panas demam dan kehilangan penciuman.

Adapun paket 3 berisi vitamin dan obat untuk warga PCR positif disertai keluhan panas dan batuk kering. Sebagai informasi, pasokan paket obat isoman gratis ini akan disiapkan Kementerian BUMN yang diproduksi oleh BUMN yang bergerak di bidang farmasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini