Susul Richard Branson, Ini Persiapan Jeff Bezos Terbang ke Luar Angkasa

Hafid Fuad, Jurnalis · Senin 19 Juli 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 19 455 2443068 susul-richard-branson-ini-persiapan-jeff-bezos-terbang-ke-luar-angkasa-JYVCS7wZ1H.jpg Jeff Bezos akan melakukan penerbangan luar angkasa seperti Richard Branson(Foto: Reuters)

JAKARTA - Perusahaan penerbangan luar angkasa Blue Origin mengumumkan kesiapannya untuk membawa penumpang manusia ke luar angkasa. Penumpang yang akan berangkat adalah Jeff Bezos bersama tiga orang lainnya. Mereka akan menuju lebih dari 100 kilometer di atas permukaan bumi sebelum kembali lagi ke bumi. Total waktu penerbangan sekitar 12 menit. "Pesawatnya sudah siap terbang," kata kepala insinyur Chris Jaeger dilansir dari Forbes (19/7/2021).

Dia menambahkan bahwa roket dan kapsul yang akan digunakan para astronot sudah diperiksa dalam uji coba terakhir. "Tidak ada masalah dalam mesin atau teknikal lainnya" katanya.

Baca Juga: Pertama Kali Bawa Manusia Terbang ke Angkasa, Intip Persiapan Blue Origin

Penerbangan dijadwalkan pada Selasa, 20 Juli atau kurang dari dua pekan setelah kompetitornya, Virgin Galactic berhasil meluncurkan pesawat dengan awak empat orang ke sub Orbital. Mereka akan memulai satu era baru pariwisata luar angkasa dengan motor utama dua perusahaan ini yang telah menawarkan penerbangan ke sub Orbital. Sementara itu Elon Musk dengan SpaceX juga siap mengangkut turis yang miliarder Jared Isaacson dan tiga orang lainnya di tahun ini.

Perbedaan utama antara penerbangan pertama Blue Origin dan Virgin Galactic adalah Virgin terbang membawa pendirinya Richard Branson dan tiga karyawan. Sementara penerbangan pertama Blue Origin tidak hanya membawa pendiri perusahaannya tapi juga pembeli pertama yang membayar yaitu, Oliver Daemen.

Baca Juga: Bakal Cetak Sejarah, Jeff Bezos Bawa Manusia Termuda dan Tertua ke Angkasa

Harga tiket Daemen tidak diumumkan ke publik, namun Ariane Cornell, yang mengelola penjualan Blue Origin, mengatakan dalam laporan singkat ada banyak penerbangan sudah dipesan wisawatan luar angkasa. Ini dimulai dengan lelang yang kompetitif dan aktif dalam pelelangan untuk penerbangan pertama.

"Dari perspektif sales, kami sangat antusias karena kami terbang perdana dengan pelanggan berbayar New Shepard," katanya.

Dalam penerbangan tersebut juga termasuk saudaranya Bezos yaitu Mark, dan perintis penerbangan Wally Funk. Funk adalah bagian dari legendaris "Merkurius 13" - kelompok wanita melakukan pelatihan bersama para astronot Merkurius 7, tapi mereka tidak pernah berangkat karena Presiden Eisenhower dan yang lain telah memutuskan untuk tidak memasukkan wanita di antara misi pertama NASA.

Pada usia 82, Funk akan menjadi orang tertua yang telah melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Roket dan kapsul milik New Shepard yaitu RSS First Step direncanakan akan digunakan kembali. Kedua roket dan kapsul telah berhasil terbang dan mendarat dua kali sebelum misi ini, dan ada 15 penerbangan yang berhasil sebelum ini.

Sementara tidak seorangpun yang menerbangkan penumpang sebelumnya. Beberapa penerbangan membawa muatan penelitian dari sembilan pelanggan yang berbeda-beda. Perusahaan menekankan bahwa sub Orbital penelitian ilmiah akan terus menjadi sumber pendapatan utama untuk peluncuran New Shepard dan akan memiliki sistem khusus yang didedikasikan untuk misi tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini