4 Tips Belanja Cerdas agar Pengeluaran Bulanan Tak Membengkak

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Kamis 22 Juli 2021 17:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 22 622 2444478 4-tips-belanja-cerdas-agar-pengeluaran-bulanan-tak-membengkak-XcauIkx7kY.jpg Tips Belanja Cerdas (Foto: Okezone)

JAKARTA – Mengatur keuangan bulanan memang gampang-gampang susah. Sebab, tidak sedikit orang yang kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal itu terjadi, karena banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Seharusnya, seseorang harus bisa menjamin kestabilan keuangan dalam mempersiapkan berbagai risiko atau jika mengalami hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Terlebih pada situasi pandemi seperti saat ini, mau tidak mau Anda harus bisa mengatur keuangan dengan bijak.

Baca Juga: Pertimbangkan 3 Hal Ini Sebelum 'Hamburkan' Uang di Masa Pandemi Covid-19

Perencana Keuangan dan CEO Zap Finance, Prita Hapsari Ghozie, mengatakan, kesulitan mengatur keuangan bulanan memang salah satu permasalahan yang sering dihadapi. Bahkan, mencatat pengeluaran bulanan pun kurang membantu.

“Usaha untuk mencatat pengeluaran sepertinya juga kurang membantu, karena saldo nol terus sebelum tanggal gajian berikutnya. Bahkan ada beberapa kondisi yang malah membuat pengeluaran menjadi membengkak,” tulis Prita di akun Instagram pribadinya @pritaghozie, Kamis (22/7/2021).

Baca Juga: Banyak Masyarakat Mulai Investasi saat Pandemi Covid-19

Dikutip dari akun Instagram pribadinya @pritaghozie, ada empat tips belanja cerdas agar pengeluaran bulanan tidak membengkak. Mulai kenali terlebih dahulu pengeluaran di area terbesar, hingga buat pos-pos keuangan.

Berikut empat tips belanja cerdas ala Prita Ghozie:

1. Kenali Terlebih Dahulu Pengeluaran di Area Mana yang Terbesar

Solusinya: mulai praktikkan pembagian Living-Saving-Playing.

2. Cermat Memilih Produk untuk pengeluaran Sehari-hari

Spending bulanan tidak bisa dihindari. Mulailah mencari informasi yang bisa memberikan rewards lebih dari setiap pembelanjaan bulanan kamu.

3. Kenali Si Bocor Halus

Solusinya menggunakan bantuan rekening belanja khusus, yaitu rekening Playing. Maka, pengeluaran kecil tapi sering ini akan dibatasi dengan saldo yang tersedia.

4. Buat Pos-Pos Keuangan

Solusinya #temanPrita membagi anggaran dengan pos-pos keuangan, yaitu Living 50%, Saving 30%, dan Playing 20%.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini