Tanda Semangat, Sandiaga Uno Minta Pelaku Usaha Kibarkan Bendera Merah Putih

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 02 Agustus 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 02 320 2449617 tanda-semangat-sandiaga-uno-minta-pelaku-usaha-kibarkan-bendera-merah-putih-5D5BlWJIMe.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA – Menteri Periwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengingatkan pelaku usaha pariwisata dengan melandainya jumlah kasus Covid-19 di masa PPKM level 4 ini justru untuk jangan membuat lengah untuk tetap patuh.

Menurutnya, untuk para pelaku usaha menengah yang sempat menyerah dengan mengibarkan bendera putih. Ia juga mengusulkan untuk diganti mengingat sebentar lagi peringatan hari Kemerdekaan Indonesia.

"Saya mengusulkan pelaku usaha menengah yang mengibarkan bendera putih diganti dengan bendera merah putih sebagai simbol semangat," katanya dalam Weekly Press Briefing Kemenparekraf, Jakarta, Senin (2/8/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Covid-19, Sandiaga Uno: Kunci Sukses Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Oleh karena itu, Sandiaga tengah berusaha untuk mencairkan dana hibah sebesar Rp2,4 triliun bagi sektor pariwisata, seperti hotel dan restoran. Untuk perhotelan, pengusaha akan didorong untuk segera menyiapkan tempat akomodasi bagi tenaga kesehatan dan menyediakan sentra vaksinasi.

Baca Juga: Sandiaga Ungkap Peluang Besar Ekonomi Kreatif Indonesia

"Dukungan akomodasi hotel akan terus berjalan, dan jumlahnya Rp 300 miliar sudah kami ajukan dan menunggu realisasi," ujarnya.

Bantuan dana hibah ini, digaungkan akan didistribusikan pada kuartal ketiga tahun 2021, namun sampai saat ini belum juga terealisasi. Sandiaga menegaskan, bukan terlambat didistribusikan tapi memang secara target ditargetkan akan dikucurkan Juli 2021.

Untuk siapa saja yang termasuk dalam penerima hibah, Sandiaga menjelaskan pihak Kemenparekraf mengumpulkan data dari berbagai pintu. Mulai dari open call via website juga aplikasi dan diverifikasi oleh Pemerintah Daerah, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, data perusahaan pariwisata yang terdaftar di OSS, dan data tenaga kerja dari BPS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini