3 Tips Usaha Keluar dari Tekanan Pandemi Covid-19

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Sabtu 14 Agustus 2021 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 14 455 2455551 3-tips-usaha-keluar-dari-tekanan-pandemi-covid-19-uYcCrdQmPI.jpg Tips Usaha di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Banyak pengusaha yang mengalami keterpurukan lantaran adanya pembatasan mobilitas sehingga penjualan mengalami penurunan. Karena itu, Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPPHIPMI) membagi tips bagi para pengusaha agar dapat tetap berkembang di tengah pandemi.

Dilansir dari media sosial resmi Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia @bpphipmi, terdapat beberapa cara yang dapat para wirausahawan lakukan untuk bangkit dalam berbisnis.

Baca Juga: Rahasia Industri Furnitur Bangkit dari Pandemi Covid-19

Pertama, the mindset. Para pengusaha perlu mengubah cara pandang sebab bisnis tidak hanya berfokus pada produk atau jasa tetapi harus berorientasi terhadap pelanggan atau konsumen

Kedua, the shift. Tidak hanya memikirkan bagaimana cara menghadapi perubahan tetapi para pengusaha juga perlu lebih mencari apa yang akan tidak berubah minimal 10 tahun ke depan.

“Misalnya, apa yang tidak berubah meski telah terjadi pandemi?,” tulis BPPHIPMI dikutip Sabtu (14/8/2021).

Baca Juga: 4 Hal Penting Bangun Branding agar Bisnis Laris Manis

Terakhir, the practice. Praktik secara langsung dan konsisten akan membantu peningkatan skill. Para wirausahawan yang ‘melek’ atas skill yang dimiliki dan mau untuk berlatih meningkatkan kemampuan akan lebih memiliki peluang untuk bertahan dan berkembang.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini