Tanpa Disadari, BBM Premium Pelan-Pelan Hilang dari RI

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Sabtu 28 Agustus 2021 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 27 320 2462292 tanpa-disadari-bbm-premium-pelan-pelan-hilang-dari-ri-h8V3jVHIvA.jpg BBM Bakal Hilang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian ESDM membatasi outlet penjualan BBM jenis premium. Terlebih, adanya tren yang menunjukkan rendahnya konsumsi premium pada tahun 2021. Maka itu masyarakat jangan kaget kalau nanti BBM jenis Premium perlahan-lahan hilang dari Indonesia.

"Sesuai dengan program langit biru Pertamina, outlet penjualan premium mulai dikurangi pelan-pelan, terutama pada saat pandemi, di mana crude jatuh, substitusi dengan Pertalite," ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif saat Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta.

Arifin mengatakan, semua negara mulai meninggalkan penggunaan premium yang beroktan rendah. Tercatat, hanya ada empat negara di dunia yang sampai saat ini masih mengonsumsi premium dengan nilai oktan (RON) 88.

Dari empat negara tersebut, Indonesia menjadi salah satunya, dia pun mendorong agar Indonesia dapat meninggalkan Premium.

"Masih ada empat negara di dunia masih menggunakan Premium. Kita tertinggal dari Vietnam yang sudah Euro 4 dan akan masuk ke Euro 5. Kita masih Euro 2," jelasnya.

Baca Juga: Jangan Kaget! BBM Premium Pelan-Pelan Menghilang dari RI

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini