Relaksasi PPKM, BI Yakin Ekonomi Segera Pulih

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 30 Agustus 2021 11:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 320 2463180 relaksasi-ppkm-bi-yakin-ekonomi-segera-pulih-pZJ9JLwrqv.jpg BI Yakin Ekonomi RI Segera Pulih. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi menilai tren pemulihan ekonomi global tidak lepas dari faktor akselerasi vaksinasi.

Selain itu, di dalam negeri, pemulihan ekonomi mencakup UMKM yang mengoptimallan kreativitas, digitalisasi serta peran aktif masyarkaat untuk melakukan vaknisasi.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Jadi Endemi, Tak Jamin Ekonomi Bisa Langsung Pulih Total

"Optimisme atas pemulihan ekonomi domestik didasarkan atas prospek perbaikan mobilitas masyarakat sejalan dengan relaksasi PPKM dan akselerasi vaksinasi," ujarya pada pembukaan Jakreatifest, Senin (30/8/2021).

Deputi Gubernur BI itu menjelaskan, pemberdayaan sumber ekonomi baru menjadi kunci akselerasi pemulihan ekonomi ditengah pandemi covid 19.

"Sumber ekonomi ini mencakup pula sektor UMKM yang dapat diartikan baru dalam hal pendekatan bisnis yang difokuskan pada mengoptimalkan kreativitas dan digitalisasi," sambungnya.

Baca Juga: Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19 Resmi Ditutup

Selain vaksinasi, transformasi UMKM juga menjadi penopang dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi kedepan.

Menurutnya diera transformasi yang begitu cepat saat ini diperluakan temuan ekonomi baru yang berbasis kreatifitas dan inovasi tekhnologi, serta mengikuti tren perubahan masyarkat yang aktif di dunia Digital.

"Di samping itu tentunya dukungan ini berasal dari stimulus kebijakan fiskal kemudian adanya pembukaan sektor sektor prioritas terutama yang berorientasi ekspor serta dukungan dari UMKM yang bertransformasi tentu saja," tuturnya.

Rosmaya Hadi menyebut dengan perkembangan ekonomi yang ada saat ini, pertumbuhan ekonomi 2021 diperkirakan berada pada kisaran antara 3,5 sampai 4,3% ke depannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini