Share

PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) Gelar RUPST dan RUPSLB, Ini Hasilnya

Feby Novalius, Okezone · Rabu 01 September 2021 08:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 278 2464258 pt-media-nusantara-citra-tbk-mncn-gelar-rupst-dan-rupslb-ini-hasilnya-lmTYPMoWXk.jpg Media Nusantara Citra Usai Menggelar RUPST dan RUPSLB. (Foto: Okezone.com/MNC Group)

JAKARTA - PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) telah menyelenggarakan RUPST dan RUPSLB pada 31 Agustus 2021. RUPST menerima Laporan Tahunan Perseroan dan menyetujui Laporan Keuangan Konsolidasi Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2020.

Perseroan telah berhasil menghadapi kondisi pandemi dengan baik dan mampu menorehkan kinerja terbaiknya selama FY-2020, Perseroan akan mendistribusikan dividen tunai dengan total senilai Rp120,4 miliar kepada para pemegang saham Perseroan yang masing-masing akan menerima secara proporsional sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya, yaitu setiap 1 saham berhak menerima dividen tunai sebesar Rp8 per saham, berdasarkan jumlah saham pada tanggal cum dividen.

Baca Juga: Pendapatan Digital MNCN Rp568 Miliar, Meroket 171%

Sisa laba Perseroan akan dibukukan sebagai laba ditahan untuk memperkuat struktur permodalan Perseroan, upaya penurunan pinjaman bank pada neraca yang berkelanjutan, dan biaya ekspansi pada sektor digital Perseroan.

Dalam RUPST tersebut juga menyetujui pengangkatan Noersing sebagai Direktur Utama dan Kanti Mirdiati Imansyah sebagai Wakil Direktur Utama, di mana keduanya bertugas dalam pengawasan operasional MNCN. Selain itu, penunjukan Valencia Herliani Tanoesoedibjo yang akan berfokus secara keseluruhan pada bisnis digital Perseroan, Tantan Sumartana yang bertanggung jawab atas sales dan marketing untuk kedua aspek bisnis, digital dan nondigital, dan Dini Aryanti Putri akan berfokus pada lini pemrograman baik dari konten digital maupun non-digital. Penetapan atas keseluruhan Direksi Perseroan ini akan terhitung sejak ditutupnya Rapat tersebut.

Ella Kartika akan melanjutkan jabatannya sebagai Direktur yang bertugas dalam pengawasan atas pengembangan konten dan IP di seluruh sektor digital dan non-digital bisnis di bawah naungan MNC Studios. Ruby Panjaitan akan tetap menjabat sebagai CFO Perseroan.

Baca Juga: Media Nusantara Citra (MNCN) Tebar Dividen Tunai Rp120,3 Miliar

Executive Chairman of MNC Group Hary Tanoesoedibjo berfokus dalam memberikan strategi dan arahan pada seluruh Group MNCN, khususnya dalam memberikan inisiatif strategis terkait dalam perkembangan bisnis yang menyeluruh di sektor digital yang terus berkembang pesat dan monetisasi pendapatan untuk pertumbuhan Perseroan di masa depan. Joel Hogarth dan Syafril Nasution, masing-masing tetap melanjutkan tugasnya sebagai Komisaris Independen dan Komisaris.

Pada mata acara terakhir RUPST menyetujui untuk memberikan kuasa dan wewenang kepada Direksi Perseroan, dengan persetujuan Dewan Komisaris Perseroan untuk menunjuk Kantor Akuntan Publik Independen Perseroan yang akan mengaudit buku-buku Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021 dan memberikan wewenang penuh kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan honorarium serta persyaratan-persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan dan pengangkatan Akuntan Publik Independen tersebut.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, rencana pengurangan modal Perseroan sebagai mata acara RUPSLB, melalui pembatalan saham treasury milik MNCN belum dapat terselesaikan, hal ini dikarenakan persetujuan kreditur yang mewakili 2/3 dari total pinjaman belum diterima, berdasarkan surat dari agen fasilitas tanggal 24 Agustus 2021. Namun, Perseroan akan terus berusaha untuk memperoleh persetujuan kreditur atas rencana pengurangan modalnya tersebut, dikarenakan pembatalan saham treasury akan berdampak baik bagi Perseroan dengan meningkatnya laba per saham (LPS) secara signifikan.

Penguatan lini pemrograman secara konsisten menghasilkan peningkatan substansial pada pangsa pemirsa untuk 4 TV FTA.

MNCN telah mengalami peningkatan yang signifikan pada pangsa pemirsa prime time-nya dari tahun ke tahun dengan meraih 36,6% pada Juli 2020 hingga mencapai 56% pada Juli 2021, yang pada akhirnya memperluas pangsa pasar belanja iklan FTA nasional ke 48% pada Q2-2021. Seluruh konten lokal yang disiarkan merupakan konten yang diproduksi sendiri, sehingga memungkinkan Perseroan untuk menempatkan iklan di dalam konten, dalam bentuk built-in dan/atau iklan virtual, yang pada akhirnya memperluas inventory iklan milik Perseroan setiap harinya.

Pada bulan Juli 2021, MNCN berhasil menorehkan pencapaian luar biasa dengan menyiarkan 10 program terbaik (semua jenis program) di Indonesia

Sepanjang 2021, MNCN telah menambahkan 3 portal baru melalui idxchannel.com (pasar modal, keuangan, bisnis, dan ekonomi), celebrities.id (entertainment) dan sportstars. id (olahraga). Hal ini menempatkan operasional portal online MNCN bertambah menjadi 6 portal, yang berfokus pada segmen kategori pemberitaan yang berbeda, serta pada saat yang sama memberikan solusi yang beragam untuk penargetan audiens pengiklan Perseroan.

Selain itu, dalam waktu dekat Perseroan akan segera memperkenalkan portal baru, yang akan menjadi portal berita berbasis Artificial Intelligent (AI) yang mengumpulkan konten dari berbagai penyedia berita dan informasi di Indonesia. Lebih lanjut, pendirian AI Development Center di New Delhi, India akan mendukung penuh dan mempercepat penyelesaian proyek ini, serta mendorong untuk pengembangan ambisi teknologi Grup.

Media sosial milik Perseroan yang dikelola oleh Starhits berhasil mempertahankan posisinya dengan menjadi yang terbesar di Indonesia dengan memiliki 140,7 juta subscribers dan 45,1 miliar views di YouTube. Selain itu, Multi-Channel Network (MCN) Perseroan juga menunjukkan hasil yang memuaskan dengan memiliki 8,5 miliar views dan 70,5 juta subscribers, mewakili lebih dari 50% subscribers Perseroan di YouTube secara keseluruhan.

Pada H2-2020, MNCN memulai operasi di Facebook (Juli 2020), yang dengan cepat mencapai 54 juta followers dan 3 miliar views pada bulan Juli 2021. Selain itu, Starhits juga mengelola berbagai akun TikTok (September 2020) yang sudah memiliki lebih dari 83 juta followers, semakin memperkuat posisi Perseroan di media sosial.

Melalui unit game khusus milik Perseroan yaitu PT Esports Star Indonesia (ESI), MNCN akan merilis game pertamanya di Indonesia pada bulan September 2021, diikuti dengan perilisan secara global pada tahun 2022. Rapid Fire adalah game online yang mengusung first-person military shooting game yang akan tersedia di IOS dan Android. Game ini mengusung tema yang sejenis dengan game populer saat ini, yaitu seperti Counter Strike, PUBG, Call of Duty, dan Free Fire.

Selain itu, kegiatan lain dalam lini operasi game MNCN juga meliputi kegiatan produksi dan penyiaran berbagai kompetisi E-Sports professional, yang terdiri dari Piala Presiden Esports (2 season: 2019 -2020), Free Fire Master League (3 season: 2020 – 2021), dan program pencarian bakat yaitu E-Sports Star Indonesia (2 musim: 2020 – 2021). Aktivitas terbaru dalam manajemen program Perseroan juga meliputi kolaborasi yang diperbarui kembali dengan Garena dan Moonton. Lebih lanjut, ESI juga akan merambah bisnis manajemen tim E-Sports, dengan mulai berfokus untuk meningkatkan keahlian dan pengalaman dalam bisnis tersebut.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini