Hari Perhubungan Nasional, Menhub Siap Ubah Pola Kerja dan Organisasi

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 320 2464420 hari-perhubungan-nasional-menhub-siap-ubah-pola-kerja-dan-organisasi-HaJWOpgcJj.jpg Menhub Ingin Transportasi Bisa Adaptasi di Tengah Pandemi. (Foto: Okezone.com/BKIP)

JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menginginkan transportasi di Indonesia bisa beradaptasi dengan pandemi virus corona. Hal ini disampaikan dalam pembukaan acara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021.

Dalam sambutannya, Menhub mengatakan, rangkaian acara Harhubnas tidak hanya dijadikan sekedar selebrasi. Namun yang terpenting harus melahirkan inovasi-inovasi baru untuk menghadirkan layanan transportasi yang lebih baik.

Baca Juga: Taksi Online Diberi Stiker Khusus Ganjil Genap, Begini Kata Asosiasi

"Acara ini menjadi momentum penting dan berarti bagi diri kita bagi Kementerian hubungan dan negara kita yang tercinta sehingga saya minta di darat bersama dengan teman-teman yang lain memikirkan bagaimana ini lebih berarti bukan hanya sekedar selebrasi," ujar Menhub dalam sambutannya.

Di tengah perubahan pola dan gaya hidup masyarakat, kementerian perhubungan mengingatkan kepada jajaran untuk selelalu siap dalam mengikuti perubahan yang dinamis pada masyarakat. Mewujudkan hal itu, Menhub berkata siap jika memang perlu melakukan perombakan pola kerja hingga pola organisasinya.

Baca Juga: Seluruh Moda Transportasi Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi Mulai Hari Ini

"Oleh karenanya kita harus merubah pola kerja, mungkin berubah pola organisasi, kita harus mereformasi digitalisasi yang terjadi atau yang kita lakukan kita harus menyiapkan kapan etos kerja etos kerja baru yang ada di lingkungan kita," tambahnya.

Menhub menjelaskan, saat ini sedang disiapkan oleh kementeriannya untuk membuat suatu roadmap terkait arahan presiden mempersiapkan hidup berdampingan bersama Covid -19, yang juga sedang dilakukan oleh kementerian lainnya.

Menhub menilai, aplikasi PeduliLindungi saja tidak cukup untuk beradaptasi untuk hidup ditengah pandemi. Hal itu yang menhub minta kepada jajarannya untuk senantiasa dikembangkan.

"Bapak presiden sudah menyatakan bahwa buat bagaimana proses endemii kita lakukan, masing-masing sektor harus berkreasi, katakan PeduliLindungi sudah bagus, kita cangkok menjadi suatu kekuatan tertentu yang bisa memperkuat sektor transportasi, tapi tidak cukup dengan itu kita harus memiliki link-link internasional agar kita tahufakta yang terjadi seperti apa untuk mengetahui penanganan pandemi disana," tambahnya.

Harhubnas tahun ini mengusung tema bergerak harmonikan Indonesia. "Artikan bergerak itu dengan transformasi, artikan bergerak yaitu dengan melakukan chance dalam suatu kebijakan, lakukan bergerak itu dengan melawan disruption yang ada di mana-mana," tutur Menhub

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini