Masyarakat Bakal Bisa Lihat Utang dan Laba BUMN

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 07 September 2021 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 07 320 2467603 masyarakat-bakal-bisa-lihat-utang-dan-laba-bumn-ulY9cJbrWO.jpg Masyarakat bisa lihat laporan keuangan BUMN (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan sistem informasi atau dashboard data keuangan perseroan. Dashboard yang digunakan BUMN tidak saja menyediakan laporan keuangan perusahaan, namun berisi informasi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) manajemen BUMN, hingga sumber daya manusia (SDM).

Baca Juga: Erick Thohir Akui Ada BUMN Belum Lapor LHKPN, Begini Alasannya

Rencananya, pemegang saham menargetkan perilisan sistem informasi itu akhir pada September atau awal Oktober 2021.

"Alhamdulillah setelah 1 tahun 8 bulan ini kami coba konsolidasikan data-data yang ada di seluruh perusahaan BUMN dan Kementerian BUMN, Insya Allah pada akhir September atau awal Oktober tahun ini untuk pertama kali kami memiliki dashboard di BUMN secara konsolidasi," ujar Erick, Selasa (7/9/2021).

Baca Juga: Cerita Erick Thohir Jadi Eyang, Punya 23 Dedek Bayi

Melalui dashboard juga, masyarakat bisa mengakses jumlah utang, profit atau pendapatan, hingga anggaran Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan.

Selain itu, akses informasi perihal administrasi, kinerja anak cucu BUMN, hingga persiapan dan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) perusahaan.

Dengan konsolidasi data, Erick berharap, pemegang saham bisa mengambil keputusan lebih baik lagi. Bahkan, lebih transparansi dan menjadi kunci transformasi BUMN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini