Simak! 5 Tips Maksimalkan Waktu agar Bisa Sukses

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 10 622 2469354 simak-5-tips-maksimalkan-waktu-agar-bisa-sukses-w85DilnB5J.jpg Ilustrasi Orang Sukses (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Semua orang memiliki waktu yang sama dalam sehari, yaitu 24 jam. Namun, cara menghabiskan 1.440 menit inilah yang membedakan kebiasaan orang sukses dan stagnan.

Berikut lima tips memaksimalkan waktu yang dapat membantu jika Anda ingin fokus pada kompetisi atau mencapai target produktivitas mingguan yang dikutip dari Entrepreneur.com, Jumat (10/9/2021):

1. Berpikir Seperti Orang Malas

Contoh sederhana datang dari percobaan Josephine Cochran pada abad ke-19 tentang penerapan tekanan air pada alat makan. Pemikiran ini tak cuma inovatif, tetapi juga malas.

Ia tidak ingin mencuci setiap sendok dan akhirnya menemukan cara yang lebih menyenangkan dan efisien dengan mesin pencuci piring.

Baca Juga: Investasi Apa Dapat Cuan Besar tapi Risiko Kerugian Kecil?

Dengan pikiran malas, cobalah untuk membuat suatu pekerjaan menjadi tidak membosankan. Buat alur kerja, otomatisasi, dan inovasi yang memungkinkan agar Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan sedikit usaha.

Kemudian, waktu yang tersisa pun dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah berikutnya.

2. Jangan Lakukan Kegiatan dengan Berurutan

Tren to do list kini banyak digandrungi. Sayangnya, daftar ini juga memiliki risiko, kebanyakan orang berpikir to-do list harus diselesaikan secara linier.

Baca Juga: 7 Cara Atur Keuangan di Tengah Pandemi, Bawa Bekal ke Kantor

Sebaliknya, to do list menjadi lebih efisien jika dikerjakan dengan tenggat waktu untuk setiap kegiatan. Manfaatkanlah waktu sebaik mungkin.

Misal, Anda bisa mencoba mengerjakan hal yang membutuhkan waktu lebih singkat jika belum memiliki waktu untuk mengerjakan hal berat.

3. Maksmialkan Waktu dalam Perjalanan

Saat bepergian menggunakan transportasi umum, banyak orang memilih untuk melihat sekeliling atau sekadar fokus pada media sosial.

Padahal, waktu ini cukup baik dipergunakan untuk membalas e-mail, merencanakan pertemuan yang lebih matang, atau belajar. Masa ini juga bisa dipergunakan untuk membaca buku atau artikel dari para ahli.

Perlakukanlah setiap momen yang bisa dihabiskan dengan sekadar duduk untuk melakukan hal-hal bermanfaat.

4. Pertimbangkan ROI (Return On Investment)

Cobalah untuk mempertimbangkan timbal balik dalam melakukan sesuatu. Misal, saat dminta pergi untuk sekadar minum dengan teman.

Hal ini mungkin terdengar seperti penggunaan waktu yang baik. Namun, tentu tidak sepadan jika pergi minum dilakukan hingga menelantarkan pekerjaan, keluarga, atau pendidikan.

Istirahat dan relaksasi memang penting, tetapi pertanyakanlah jika istirahat Anda sepadan dengan usaha yang telah dilakukan. Tak salah jika harus menolak ajakan dengan ROI yang kurang menguntungkan.

5. Fokus pada Kemampuan

Kebanyakan pemimpin berpikir untuk selalu terlibat dalam segala hal dalam aspek usaha mereka. Kenyataannya, hal ini membuat mereka tidak menguasai apa pun secara khusus.

Sebaliknya, cari tahu tentang kemampuan terbesar dan kembangkanlah kemampuan itu hingga tak ada yang bisa menyelesaikannya sebaik Anda. Tak perlu menyibukkan diri untuk mengejar hal yang tak dikuasai demi tampak produktif.

Temukan orang-orang yang unggul di bidang yang tak Anda kuasai dan biarkan mereka mengerjakan hal itu sebaik mungkin. Sebab, orang dengan peran yang tepat menciptakan pengalaman lebih baik dan pekerjaan yang menjadi sangat lancar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini