Wirausaha Muda Jangan Latah Ikuti Tren Bisnis di Media Sosial

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 13 September 2021 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 455 2470525 wirausaha-muda-jangan-latah-ikuti-tren-bisnis-di-media-sosial-jgZ5btUMAb.jpg Wirausaha Muda Mandiri. (Foto: Okezone.com/Bank Mandiri)

JAKARTA - Wirausaha muda diingatkan untuk menjaga konsistensi bisnisnya dan tidak sekedar mengikuti tren. Hal ini bertujuan supaya bisnis yang berjalan terus konsisten dan menuai kesuksesan.

Owner NoonaKu Signature dan Perwakilan Juri Alumni Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2017, Florentia Jeanne Sutanto mengatakan, para peserta atau wirausaha muda sering hanya sekedar melihat tren bisnis di media sosial.

"Yang pasti salah satunya konsisten, karena kan sekarang generasi muda itu sering latah lihat dari sosial media ada yang sukses aku mau ikutin ini ah, terus yang ini tidak jalan pindah deh ke bisnis lain, jadi bisnis itu terkait dengan konsistensi," ujar Florentia dalam Konferensi Pers Kick Off WMM 2021 secara virtual di Jakarta, Senin (13/9/2021).

Baca Juga: 1 Kolam Budidaya Udang Bisa Untung Rp40 Juta, Yuk Coba

Sebagai informasi, WMM bertujuan mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda yang kreatif, inovatif, dan dapat berkontribusi aktif untuk perekonomian Indonesia.

Pelaksanaan seluruh rangkaian dan teknis kegiatan WMM 2021 akan dilakukan secara hybrid dengan tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat. Targetnya, WMM akan diikuti oleh 3.000 peserta dari usia 18-35 tahun, syarat bisnis juga harus berumur 4 tahun.

"Jadi tidak boleh ikut-ikutan orang, kenapa Bank Mandiri juga ngasih waktu (syarat) 4 tahun gitu loh karena pengen lihat daya tahan kamu itu bagus atau nggak sih," katanya.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Usaha Sampingan Tambah Pundi-Pundi Rupiah

Selain konsisten, Florentia menambahkan para peserta juga harus mempunyai karakter karena efek bisnis bisa berkelanjutan.

"Berikutnya lagi harus berkarakter, kesuksesan itu bisa bawa kalian ke puncak tapi yang bisa bikin kalian bertahan itu adalah karakter kalian," pungkas Florentia.

Tercatat, 50.000 wirausaha muda dari seluruh Indonesia telah menjadi bagian dari komunitas ini, baik sebagai juara, finalis, maupun peserta. Mengusung tema 'Livin The Dream’, kompetisi WMM 2021 akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori yaitu, industri perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang adalah Rp 2,5 Miliar.

Sebagai rangkaian dari pre-event kompetisi, anak muda yang sedang merancang model bisnis usahanya juga dapat mendaftarkan diri dalam kategori business plan. Selanjutnya, seleksi kompetisi WMM bagi pengusaha muda akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal registrasi melalui akses website www.wirausahamandiri.co.id pada 13 September - 12 Oktober 2021. Setelah itu, akan dilakukan seleksi administrasi, asesmen, validasi dan penjurian regional pada 12 - 23 Oktober 2021.

Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, tak lagi mengusung konsep awarding dimana tahun ini peserta yang lolos ke tahap nasional akan berjuang untuk memperebutkan hadiah sebanyak-banyaknya dalam WMM Capital League, yang rencananya digelar di Bali dan Jakarta. 

Sementara itu, sebagai pemenang WMM tahun 2017, Florentia mengaku masih dibina Bank Mandiri terkait usahanya.

"Kenapa? karena banyak kompetisi lain yang udah menang dan juara itu stop, tapi saya dari tahun 2017 hingga saat ini masih dibina oleh Bank Mandiri, jadi ini bener-bener long time investment banget yah kalo menurut aku yah," jelasnya.

Berawal dari reseller, Florentina membangun NoonaKu Signature hingga pasar ekspor dan menyebarkan produknya ke beberapa lini usaha.

"Jadi saya dari PT Noonaku Design Indonesia atau Noonaku Signature dan Noonaku Group. NoonaKu Signature adalah penyedia produk dan jasa sandang murah berkualitas Indonesia, jadi kita punya lini b2c dengan ending langsung ke customer dan lini b2b dimana kita memproduksi untuk ke distribusi ke toko, mal dan sebagainya," kata Florentina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini