Ekonomi Indonesia Diramal Mulai Normal di 2022, Ini Alasannya

Advenia Elisabeth, Jurnalis · Jum'at 24 September 2021 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 24 320 2476237 ekonomi-indonesia-diramal-mulai-normal-di-2022-ini-alasannya-3RNhZUUq6B.jpg Ekonomi Indonesia 2022 Mulai Normal (Foto: Okezone)

JAKARTA – Perekonomian Indonesia pada 2022 diprediksi mulai sudah pulih dan kembali normal. Hal ini seiring dengan tingkat kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Tercatat, target pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2022 mencapai 5,2%-5,5%.

“Perkiraan saya kalau masyarakat semakin disiplin menaati protokol kesehatan, walaupun pandemi tetap ada, saya yakin perekonomian Indonesia secara perlahan akan menuju ke posisi normal di tahun 2022,” ujar Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah dalam diskusi di Market Review IDX Channel, Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 5,5% di 2022, Jokowi Andalkan Investasi dan Ekspor

 

Menurutnya, walaupun virus Covid-19 masih ada, pandemi sudah berubah menjadi endemi dan masyarakat sudah mulai beraktivitas normal dengan protokol kesehatan, maka disaat itulah Indonesia bisa disebut sebagai kehidupan new normal. Artinya, seluruh masyarakat sudah sadar bahwa hidupnya sekarang berdampingan dengan covid-19.

“Saya melihat, sekarang ini masyarakat kita sudah mulai biasa menjalani keseharian di tengah pandemi. Kalau kita keluar rumah saja, sudah mulai macet dan ada kebiasaan baru masyarakat yang jika keluar rumah tidak memakai masker itu terasa risih. Selain itu, saya lihat masyarakat juga sudah terbiasa untuk menjaga jarak. Ini membuktikan bahwa masyarakat sudah sadar kalau hidupnya berdampingan dengan covid,” terang Piter.

Dia menilai, jika kebiasaan tersebut sudah benar-benar terbangun, dalam hal ini adalah sadar protokol kesehatan, maka secara otomatis akan mendorong perekonomian Indonesia menjadi posisi normal.

“Dalam kondisi seperti itu maka konsumsi akan kembali normal dan hal tersebut akan memicu pergerakan investasi kita,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini