Integrasi Transportasi Jabodetabek, Erick Thohir: Usaha-Usaha Akan Bertumbuh

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 29 September 2021 16:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 29 320 2478794 integrasi-transportasi-jabodetabek-erick-thohir-usaha-usaha-akan-bertumbuh-Ju5IAJnaKp.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai terintegrasinya moda transportasi di wilayah Jabodetabek, memberi multiplier effect terhadap pertumbuhan ekonomi mikro atau UMKM di sekitar lokasi.

"Saya yakin integrasi moda transportasi Jabodetabek ini juga akan menumbuhkan usaha-usaha di sekitarnya," ujar Erick dalam acara peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek, yang dilakukan secara hybrid dari Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (29/8/2021).

Baca Juga: Cek Transportasi PON, Menhub: Semua Berjalan Baik

Erick mencontohkan Stasiun Tebet. Dia mengaku melihat bagaimana Stasiun Tebet yang antarmodanya sudah mulai terintegrasi, nyata tidak hanya mampu memberikan layanan kepada warga sekitar, namun juga bagi pelaku UMKM.

"Tapi nyatanya juga (bermanfaat) bagi UMKM yang sangat berdampak karena pandemi Covid-19 ini," katanya.

Baca Juga: Jalur Layang Bogor Line Bisa Urai Kepadatan Penumpang

Menurutnya, kolaborasi antara stakeholder semacam ini kedepannya akan semakin marak, asal masing-masing pihak melakukan tugas atau kerjanya dengan profesional.

"Kalau kita berkolaborasi, kerjanya pakai hati, dan kita serius mengerjakannya, Insya Allah ini bisa membuktikan bahwa Jakarta bisa kembali dibenahi dan bangkit," ungkap dia.

Erick menambahkan, jika kolaborasi semacam ini diimplementasikan oleh masing-masing pihak melalui kerja nyata, maka pembangunan di Jakarta sebagai Ibu Kota akan bisa menepis semua persepsi negatif.

"Dan yang terpenting adalah bagaimana kita juga bisa membentuk ekosistem yang sehat, yang secara aspek korporasinya jalan namun secara pelayanan publik juga terus ditingkatkan," ujarnya.

Diketahui, acara peresmian Integrasi Transportasi Jabodetabek yang digelar secara hybrid dari Stasiun Tebet Jakarta ini meliputi sejumlah hal seperti pencanangan kartu dan aplikasi JakLingko, Pencanangan pembangunan Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM) dan revitalisasi Stasiun Sudirman, Penataan kawasan stasiun tahap 2, dan penandatanganan dokumen integrasi transportasi Jabodetabek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini