Krisis Listrik, Harga Generator Diesel di China Meroket

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Sabtu 02 Oktober 2021 05:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 01 320 2479887 krisis-listrik-harga-generator-diesel-di-china-meroket-7o2QgWQEBG.jpg Krisis Listrik di China. (Foto: Okezone.com/Reuters)

JAKARTA - Krisis listrik terjadi di China. Penyebabnya kelangkaan batu bara yang memicu pemadaman listrik.

Dengan begitu, sejumlah pelaku usaha terpaksa merogoh kocek lebih dalam untuk generator diesel sebagai alternatif sumber energi.

“Kami mampu membelinya hanya untuk empat hari, tetapi jika lebih lama, maka biayanya terlalu banyak, sehingga kami tidak dapat bertahan,” kata Gao Lai, pemilik layanan binatu industri di Shenyang, ibu kota Liaoning kepada Reuters.

Karena meningkatnya permintaan, generator diesel mengalami kenaikan harga hingga dua kali lipat. Hal ini membuat sebagian besar pabrik kecil merugi. Zhai Junwang, manajer perusahaan yang menyewakan generator berbahan bakar diesel, berharap situasi ini tidak berlangsung lama.

"Stok sangat terbatas," kata Zhai.

Krisis listrik ini menjadi yang terburuk di China dalam beberapa tahun terakhir. Provinsi yang paling terdampak yaitu Liaoning, Heilongjiang dan Jilin dengan jumlah penduduk hampir 100 juta orang.

Baca selengkapnya: Terungkap! Krisis Listrik China Dipicu Kelangkaan Batu Bara

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini