Menperin soal Batik, China Kembangkan Mesin Printing Tiru Desain Indonesia

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 06 Oktober 2021 15:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 06 320 2482182 menperin-soal-batik-china-kembangkan-mesin-printing-tiru-desain-indonesia-ntHgBHJev4.jpg Menperin Agus Gumiwang (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa capaian ekspor batik pada tahun 2020 sebesar USD532,7 juta atau setara Rp7,5 triliun.

Kemudian kata dia, untuk industri kerajinan, nilai ekspor pada tahun 2020 hampir sebesar USD700 juta dengan ekspor utama barang kerajinan dari negara Amerika Serikat, Malaysia, Jepang, Jerman, dan Korea.

Menurutnya industri batik telah berperan penting bagi perekonomian nasional dan berhasil menjadi market leader pasar batik dunia.

Baca Juga: Kontribusi Industri ke Ekonomi Ditarget Tembus 20% di 2024

"Masih banyak hal atau pekerjaan rumah yang bisa kita lakukan yang bisa saya sampaikan yang mungkin menjadi agenda kita kedepan yaitu program promosi," katanya dalam Puncak Peringatan Hari Batik Nasional (PHBN) 2021 Kemenperin secara virtual, Rabu (6/10/2021).

Baca Juga: Kacau! Menperin Sebut Produk Impor Terlalu Gampang Masuk Indonesia

Dia mengimbau bahwa capaian tersebut harus didukung promosi oleh semua stakeholder disamping memang pemerintah telah hadir. Kehadiran pemerintah juga masih perlu ditingkatkan dengan bekerja sama dengan Dekranas, Yayasan Batik Indonesia, Kadin dengan para pelaku usaha.

"Kita perlu secara intensif atau mungkin masif untuk melakukan promosi batik di kota-kota besar yang ada di dunia misalnya di New York, Los Angeles, Tokyo, Paris, London, dan kota-kota besar lainnya," ujar Agus.

Beberapa negara seperti China dan Malaysia secara serius menjadikan batik sebagai komoditas ekspor. Negara-negara tersebut terus mengembangkan mesin batik printing dengan teknologi yang paling canggih. Mereka juga meniru desain dan corak batik Indonesia dengan tujuan merebut pasar pasar yang selama ini diisi oleh batik Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini