Penerbangan Internasional Dukung Event di Pertamina Mandalika Street Circuit

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Kamis 07 Oktober 2021 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 07 320 2482789 penerbangan-internasional-dukung-event-di-pertamina-mandalika-street-circuit-8ka1K0Kex6.jpg Sirkuit Mandalika. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Penerbangan internasional ke Indonesia segera dibuka pada dua pekan mendatang. Pembukaan pintu utama penerbangan internasional diharapkan dapat berkontribusi pada sektor pariwisata di Indonesia.

"Dan kita berharap pada 2021 ini dengan sudah menurun kasus pandemi dan dalam 2 minggu mendatang sudah diumumkan Indonesia akan kembali membuka pintu bagi para wisatawan asing ke Indonesia," ujar Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Persiapan Sandiaga Uno Sambut Turis Asing di Bali

Secara khusus, Pahala menilai dengan dibukanya rute penerbangan internasional akan mendukung berbagai kegiatan yang nantinya dilaksanakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB),

Kegiatan dimaksud berupa, Idemitsu Asian Talent Cup yang digelar pada 12-14 November 2021. Kemudian pada 19 November tahun ini akan diselenggarakan FIM MiniGP atau World SuperBike.

Baca Juga: Penerbangan Internasional ke Bandara Soetta Tak Lagi Ada Pembatasan Penumpang

Sementara, pada 2022 akan dilaksanakan MotoGP yang dijadwalkan pada pada 11-13 Februari 2022 hingga IndonesianGP pada Maret 2022. Sejumlah kegiatan tersebut diharapkan menjadi event olahraga internasional pertama yang digelar setelah masa pandemi Covid-19 dan mampu mendorong pemulihan sektor pariwisata dalam negeri.

"Jadi mudah-mudahan, tentunya sudah dibukanya pintu, event dan ketersediaan infrastruktur, semua hal ini merupakan kunci bagaimana kita bisa menggerakan kembali industri pariwisata di Indonesia," katanya.

Kementerian BUMN memang memastikan peran perusahaan pelat merah akan bekerja secara maksimal saat pembukaan pintu penerbangan asing. Kesiapan BUMN sendiri bertujuan mendorong pemulihan sektor pariwisata di Indonesia.

Di Bali misalnya, nantinya PT Angkasa Pura (Persero) akan melakukan kesiapan dan kewaspadaan bandara yang menjadi pintu masuk utama para wisatawan. Lalu, pemegang saham mengarahkan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Citilink (Persero) agar menambah akses penerbangannya di kawasan tersebut. Di sektor kesehatan nantinya disiapkan holding BUMN rumah sakit (RS).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini