Share

Arab Saudi Buka Pintu Umrah untuk Jamaah Indonesia, Amphuri: Angin Segar

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Sabtu 09 Oktober 2021 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 09 320 2483821 arab-saudi-buka-pintu-umrah-untuk-jamaah-indonesia-amphuri-angin-segar-MfGmv8zWP6.jpg Ibadah Haji (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah telah menerima informasi dari pihak Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia.

Terkait hal itu, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP Amphuri), Firman M Nur mengaku telah mendengar dan akan memastikan kebenaran informasi tersebut sehingga calon jemaah dari Indonesia sudah bisa melaksanakan Ibadah dalam waktu dekat.

“Kalau ini memang benar, apa yang disampaikan oleh pemerintah ini adalah angin segar dan mengembirakan tentunya dan kami bersyukur kepada Allah dan berterima kasih pemerintah khususnya Kementerian Luar Negeri yang intens yang terus mengkoordinasikan memperjuangkan untuk ini,” kata Firman saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Amphuri Minta Syarat Karantina 14 Hari saat Umrah Dihilangkan

Pihaknya menyebut apa yang disampaikan dan informasi yang diterima itu bisa mengobati rasa rindu umat muslim dalam menjalankan ibadah umrah atau haji di tanah suci.

“Sebagaimana di ketahui sejak tahun 27 februari 2020 kita memang telah mempending atau menunda jamaah hampir 2 tahun sekitar 62 ribu,” katanya.

Adapun ia menyampaian telah mengetahui kabar tersebut dari hasil penandatanganan pertemuan di PBB bersama menteri-menteri pada nota diplomatik dari departemen Luar Negeri.

Baca Juga: Ibadah Haji Dibatalkan, Pengusaha Travel Tagih Uang DP ke Maskapai Asing

“Kita sudah dengar informasinya. Namun faktanya dari penjelasan tersebut tidak ada waktu informasi tepatnya kapan dan kami mendapatkan waktunya akan segera disampaikan dan ketentuan nanti akan disampaikan segera,” paparnya.

Meskipun demikian, dirinya mengaku akan terus melakukan penelusuran terkait kepastian dan telah mendapat beberapa informasi terkait regulasi baru seperti jemaah yang sudah memenuhi vaksin lengkap di tempat-tempat ibadah.

“Terkait Karantina juga kemarin sudah dapat informasi dan memang terus kita kahi Walaupun dengan banyak ketentuan yang harus diikuti dalam regulasinya. Untuk tahap awal kami berterima kasih agar menjaga keselamatan calon jamaah dari Indonesia,” tambahnya.

Meskipun demikian, dengan berbagai ketentuan tersebut ka berharap kegiatan ibadah umrah atau tersebut bisa dilakukan dengan prosedur dengan berbagai mitigasi.

“Kami sambut positif dan berharap ketentuan itu sudah lebih siap dan matang dan lebih pasti. Ibadah pun bisa dilakukan dengan baik di Saudi Arabia dan kami akan bantu kondisikan untuk pelaksanaannya. Pertama dibuka suspended ini sangat luar biasa,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini