Kenali 6 Ciri Lowongan Kerja Palsu, Hati-Hati!

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 622 2483985 kenali-6-ciri-lowongan-kerja-palsu-hati-hati-fBtw37nFRv.jpg Ciri-Ciri Lowongan Kerja Palsu. (Foto: okezone.com)

JAKARTA – Mencari lowongan kerja di era digital seperti sekarang semakin mudah. Hanya saja para pencara kerja mesti cerdas karena begitu banyak lowongan kerja yang ternyata palsu.

Seringkali ada oknum memanfaatkan teknologi dengan membuat lowongan kerja palsu untuk mendapat uang dari para pencari kerja.

Baca Juga: BUMN Buka Lowongan Kerja Lagi, Cek Syaratnya

Lantas, bagaimana cara menghindari penipuan berkedok lowongan pekerjaan?

Kementerian Ketenagakerjaan mengungkapkan beberapa ciri lowongan kerja palsu. Mulai dari lokasi interview beda dengan alamat perusahaan, hingga situs web tidak terlihat lowongan kerja.

“Minaker berpesan nih agar Rekanaker juga harus berhati-hati dan selektif dalam memilih lowongan kerja karena banyak penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan. Nah, gimana sih cara menghindari penipuan semacam ini? Yuk kenali beberapa ciri lowongan kerja abal-abal alias palsu berikut ini,” tulis Kementerian Ketenagakerjaan dalam akun Instagra, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Ingin Lolos Wawancara Kerja? Jangan Sampai Lakukan Hal Ini!

Berikut enam ciri lowongan kerja palsu:

1. Lokasi interview beda dengan alamat perusahaan.

2. Penawaran gaji yang tidak masuk akal.

3. Email lowongan menggunakan domain gratis.

4. Meminta sejumlah dana.

5. Bahasa iklan tidak profesional.

6. Situs web tidak terlihat lowongan kerja. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini