OJK Libatkan Fintech hingga Securities Crowdfunding Modali UMKM

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 320 2484376 ojk-libatkan-fintech-hingga-securities-crowdfunding-modali-umkm-7tXK6jPSvQ.jpg OJK Libatkan Fintech untuk Modali UMKM. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberi ruang gerak lebih besar bagi pengembangan UMKM menjadi UMKM Go Digital.

"OJK sedang dan terus membangun ekosistem UMKM berbasis digital secara terintegrasi mulai dari hulu sampai ke hilir," kata Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso, dalam acara OJK Virtual Innovation Day, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: 30 Ribu Pelaku UMKM Ditargetkan Go Digital pada 2024

OJK juga memberikan ruang gerak yang lebih besar bagi pengembangan UMKM menjadi UMKM go-digital dari sisi pembiayaan dan pemasaran.

"Dari sisi pembiayaan, OJK melibatkan sektor keuangan dan juga Fintech P2P Lending serta Securities Crowdfunding untuk memudahkan para pelaku UMKM mendapatkan pembiayaan alternatif dengan syarat yang mudah," ujarnya.

Baca Juga: Pelaku UMKM Diajarkan Mengelola Keuangan dalam Aplikasi

Dari sisi pemasaran, OJK terus melakukan pembinaan kepada UMKM dengan kolaborasi bersama startup dan Perguruan Tinggi dalam membangun Kampus UMKM yang memberikan pelatihan intensif agar UMKM dapat segera onboarding secara digital.

"Kebijakan ini memberikan manfaat besar kepada masyarakat, yang ditunjukkan dengan tingkat inklusi keuangan yang meningkat pada tahun 2019 tercatat sebesar 76,19% dibandingkan tahun 2016 sebesar 67,8%," tambahnya.

Terkait dengan digitalisasi di sektor keuangan, OJK akan proaktif mengambil kebijakan untuk memitigasi risiko yang muncul dari transformasi digital tersebut. Risiko keamanan data pribadi dan risiko cyber security menjadi fokus utama OJK melalui koordinasi dengan seluruh penegak hukum.

"Kami yakin, pada tahun 2024, seluruh kebijakan OJK ini dapat meningkatkan inklusi keuangan menjadi sebesar 90% sebagaimana arahan Bapak Presiden," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini