Arab Saudi Buka Pintu Umrah untuk Indonesia, Dirut Garuda Sebut yang Antre Banyak

Anggie Ariesta, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 320 2484495 arab-saudi-buka-pintu-umrah-untuk-indonesia-dirut-garuda-sebut-yang-antre-banyak-l3GrL4lbAV.jpg Ibadah Umrah (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi berencana membuka umrah bagi jemaah Indonesia. Pembukaan tersebut jelas membawa angin segar bagi bisnis maskapai nasional khususnya Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatkan pihaknya menyambut baik dan tengah mempersiapkan segala hal untuk melayani penerbangan ke Tanah Suci.

“Kami sudah lama mempersiapkan diri dari lama (umrah). Yang kami tunggu aturan detail dan lanjutannya untuk bisa membawa jemaah. Jadi kami tunggu saja aturan detailnya,” katanya di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Arab Saudi Buka Pintu Umrah untuk Jamaah Indonesia, Amphuri: Angin Segar

Adanya perjalanan umrah dari Indonesia, diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang yang pada semester awal tahun ini hanya berhasil mengumpulkan 870 ribu jamaah akibat pandemi. Terkait jumlah armada yang disiapkan Garuda dalam melayani jamaah Indonesia untuk umrah, Irfan tidak merinci detail.

Emiten berkode saham GIAA itu menjelaskan pembukaan kembali pintu umrah diharapkan memberikan sentimen positif bagi maskapai. Apalagi, setelah izin melaksanakan ibadah haji dari jemaah Indonesia ditangguhkan pada tahun ini.

Baca Juga: Umrah Kembali Dibuka, Jamaah Indonesia Wajib Divaksin Booster

"Tapi yang menjadi pertanyaan terbesar kita adalah apakah betul umrah akan buka pada Oktober ini langsung dari Indonesia ini. Kita tahu, begitu umrah buka swing daripada pendapatan kami akan cukup jauh, karena antrian untuk umrah ini sudah sangat tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno Marsudi telah menyampaikan kabar baik tersebut soal keputusan pemerintah Arab Saudi yang kembali mengizinkan jemaah Indonesia untuk menunaikan ibadah umrah. Dia menjelaskan, izin umrah diberikan sejalan dengan perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia yang semakin baik.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umroh Indonesia,” kata Menlu dalam konferensi pers secara daring,

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini