4 Manfaat Investasi untuk Pemulihan Ekonomi, Disimak Ya

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Senin 11 Oktober 2021 11:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 11 622 2484365 4-manfaat-investasi-untuk-pemulihan-ekonomi-disimak-ya-NjIwuZASb2.jpg Manfaat Investasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah tengah gencar meningkatkan sektor investasi. Hal itu dibuktikan dengan terbangnya Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ke Jerman untuk menindaklanjuti rencana investasi dengan beberapa pihak pada pekan kemarin.

Sebenarnya, apa yang begitu istimewa dari sektor penanaman modal ini? Dikutip dari akun Instagram resmi BKPM (@bkpm_id), Senin (11/10/2021), berikut alasan mengapa investasi menjadi penting terutama dalam upaya pemulihan ekonomi negara.

1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Saat kedua belah pihak sepakat berinvestasi, hal ini akan menimbulkan suatu bisnis baru. Dengan begitu, lapangan pekerjaan baru pun akan terbuka.

Baca Juga: Nih Tips Investasi Saham Buat Mahasiswa, Simak Ya! 

2. Meningkatkan Pendapatan dan Daya Beli Masyarakat

Bagaimanapun kondisinya, masyarakat akan tetap menjadi konsumen untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Namun, dengan memiliki penghasilan, masyarakat akan terdorong untuk memenuhi juga kebutuhan sekunder bahkan tersiernya. Hal ini akan membuat daya beli meningkat.

Baca Juga: 14 Ciri Pinjaman Online Ilegal, Tidak Diawasi dan Beretika

3. Perputaran Ekonomi yang Merata

Konsumsi rumah tangga, investasi swasta, dan transaksi ekspor-impor adalah komponen yang saling terkait. Jika ada lebih banyak modal tertanam, ketiga komponen tersebut akan berjalan dengan harmonis.

4. Meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB)

PDB yang meningkat akan mendukung upaya pembangunan dari pemerintah, terutama dalam hal infrastruktur yang dapat menarik investor.

Selain itu, peningkatan PDB akibat banyaknya investasi juga akan berdampak positif untuk produksi barang dan jasa. Hal ini tentu akan membuat perekonomian negara, khususnya masyarakat, menjadi pulih pasca-pandemi Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini