Wall Street Menguat, S&P 500 Cetak Kenaikan Harian Tertinggi

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Jum'at 15 Oktober 2021 06:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 15 278 2486586 wall-street-menguat-s-p-500-cetak-kenaikan-harian-tertinggi-7ohDHHYvIC.jpg wall Street Menguat. (Foto: Okezone.com/Reuters)

NEW YORK - Bursa saham AS, Wall Street ditutup menguat pada akhir perdagangan Kamis waktu setempat. Di mana indeks S&P 500 mencatat kenaikan dengan persentase harian terbesar sejak awal Maret 2021.

Hal tersebut didorong saham Morgan Stanley dan UnitedHealth naik. Sementara data pasar tenaga kerja dan inflasi meredakan kekhawatiran atas prospek suku bunga yang lebih tinggi.

Adapun tiga indeks utama Wall Street, Dow Jones Industrial Average naik 534,75 poin atau 1,56% menjadi 34.912,56. S&P 500 naik 74,46 poin atau 1,71% menjadi 4.438,26 dan Nasdaq Composite menambahkan 251,79 poin, atau 1,73%, menjadi 14.823,43.

Baca Juga: Berakhir Melemah, 3 Indeks Utama Wall Street Anjlok

Saham pada sektor teknologi melonjak 2,3% atau menjadi dorongan terbesar bagi S&P 500. Di mana saham Microsoft Corp dan Apple Inc naik.

Kemudian saham Citigroup, Bank of America Corp dan Morgan Stanley juga naik, setelah perusahaan tersebut melampaui estimasi pendapatan kuartalan. Rebound ekonomi juga memungkinkan untuk melepaskan lebih banyak saham yang telah disisihkan untuk kerugian pandemi, sementara kesepakatan mendesis, pembiayaan ekuitas dan perdagangan menambah keuntungan.

Baca Juga: Wall Street Ditutup Bervariasi di Tengah Pertemuan The Fed

Indeks bank pada S&P melonjak 1,5%. Juga UnitedHealth Group Inc yang naik 4,2%, setelah perusahaan asuransi kesehatan melaporkan hasil dan menaikkan perkiraan laba setahun penuh yang disesuaikan dengan kekuatan dari unit Optum yang mengelola manfaat obat.

Wall Street menguat didukung data jumlah orang Amerika yang mengajukan klaim tunjangan pengangguran pekan lalu turun mendekati level terendah 19 bulan, dan laporan terpisah menunjukkan harga produsen turun pada September.

Sedangkan data dari laporan inflasi baru-baru ini menunjukkan kenaikan harga yang didorong oleh Covid mungkin telah mencapai puncaknya. Namun, pembuat kebijakan Federal Reserve tetap terbagi atas inflasi dan apa yang harus dilakukan tentang hal itu.

“Beberapa hal yang mengkhawatirkan pasar pada bulan September, dan bahkan minggu lalu, sejauh aspek inflasi dan suku bunga yang lebih tinggi dan varian Delta, mungkin telah berkurang,” kata Perusahaan Investasi Alan B Lancz & Associates Inc, Alan Lancz, dilansir dari Reuters, Jumat (15/10/2021).

Selain itu, saham Moderna Inc berakhir naik 3,2%, setelah panel penasihat ahli untuk Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS memilih untuk merekomendasikan suntikan penguat vaksin Covid-19 untuk orang Amerika berusia 65 dan lebih tua dan mereka yang berisiko tinggi penyakit parah.

Walgreens Boots Alliance Inc melonjak 7,4% setelah rantai toko obat melaporkan pendapatan kuartal keempat dan laba yang disesuaikan di atas perkiraan dan perkiraan pertumbuhan 11% hingga 13% dalam jangka panjang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini