5 Fakta SKD CPNS 2021, Cek Hasil Seleksi hingga Kisah Unik Pejuang NIP

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Sabtu 23 Oktober 2021 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 22 320 2490135 5-fakta-skd-cpns-2021-cek-hasil-seleksi-hingga-kisah-unik-pejuang-nip-c9ztle1Fnq.jpg Tes SKD CPNS Kemendag (Foto: Kemendag)

JAKARTA - Sejumlah instansi telah menyelesaikan Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (SKD CPNS). Para peserta CPNS pun menantikan pengumuman hasil dari kerja keras mereka.

Tak cuma itu, pelaksanaan tes SKD pun sempat diwarnai tema yang tak biasa. Di salah satu daerah, panitianya menerapkan tema khusus yang menghibur dan mengubah suasana tes.

Berikut fakta hasil seleksi dan kisah unik SKD CPNS 2021 seperti dirangkum Okezone, Sabtu (23/10/2021):

Baca Juga: Sol Sepatu Lepas, Peserta Tes CPNS Ikat Pakai Tali Rafia

1. Pengumuman Dilakukan Bertahap

Pengumuman hasil SKD CPNS dan tes kompetensi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dilaporkan keluar secara bertahap. Hal ini disampaikan Kepala Biro Humas BKN Satya Pratama.

Satya mengatakan, sebanyak 298 instansi telah melaksanakan SKD CPNS dan 155 instansi selesai melakukan tes kompetensi PPPK. Pengumuman secara bertahap ini, menurut dia, dikarekanakan masih ada instansi yang belum melaksanakan SKD sampai awal November.

Bertahap, satya menegaskan bahwa instansi yang telah siap dengan hasil SKD CPNS-nya dapat melakukan pengumuman.

Baca Juga: Heboh Peserta Ujian SKD CPNS 2021 'Ditodong' Senjata Ala Squid Game

2. Kisah Unik Panitia Jadi Soldier Squid Game

Di Surabaya, terdapat kisah unik pelaksanaan tes SKD CPNS yang bernuansa mirip film Squid Game. Pasalnya, para panitia yang mengawasi tes tersebut mengenakan kostum pink soldier ala film asal Korea Selatan yang ramai digandrungi itu.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono mengungkap, alasan warna baru yang mengiringi SKD CPNS Surabaya tahun ini lantaran anggapan aura berkompetisi di Squid Game dan SKD CPNS yang dinilai sama. "Kami ingin membuat peserta lebih rileks dan bahagia," katanya.

Selain kostum pink soldier yang dikenakan panitia, SKD CPNS Surabaya juga diiringi backsound khas series Squid Game. Peserta yang menunggu di halaman lokasi tes diarahkan untuk menghadap ke arah Graha Widya. Beberapa waktu kemudian, lima pink soldier pun muncul dengan senjata laras panjang diiringi backsound.

3. Sol Sepatu Copot

Dalam video, tampak seorang peserta CPNS laki-laki yang tengah mengikat sepatunya. Bukan seperti umumnya mengikat tali sepatu, pemuda tersebut tampak mengikat sol sepatu dengan bagian punggung sepatunya dengan tali rafia.

Rupanya, diketahui bahwa sol sepatu peserta tersebut lepas dan tidak memungkinkan untuk digunakan tanpa diperbaiki lebih dulu. Padahal, dia dengan semangat datang ke lokasi tes dengan keringat yang bercucuran.

4.Bisa Tes di Luar Negeri, 473 Peserta Ikut Seleksi di 74 Lokasi

Tes SKD CPNS 2021 juga dilaksanakan di titik lokasi (tilok) tertentu di luar negeri. Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah menjadwalkan pelaksanaan ujian, yakni pada 26 - 28 Oktober 2021 yang tersebar di 74 negara.

Menurut data, BKN memfasilitasi 473 peserta SKD luar negeri yang dibagi atas peserta SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK Non-Guru. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengatakan, hal tersebut dapat terjadi berkat kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri.

5. Cek Pengumuman Hasil Seleksi di SSCASN

Bagi peserta SKD CPNS yang menanti, Satya mengatakan, pengumuman bertahap sesuai kesiapan instansi bisa dicek di SSCASN dengan situs https://sscasn.bkn.go.id dan melalui masing-masing instansi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini