Pinjol Ilegal Tak Wajib Bayar, jika Ditagih Lapor Polisi

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 04:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 24 320 2490862 pinjol-ilegal-tak-wajib-bayar-jika-ditagih-lapor-polisi-PMb9HmBJMU.jpg Pinjol Ilegal Cair Cepat tapi Jadi Petaka. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Mahfud MD akan menindak tegas Pinjaman Online (Pinjol) illegal.

“Maka kita menegaskan, kita hanya akan melakukan tindakan tegas terhadap pinjol ilegal,” kata Menko Polhukam Mahfud MD.

Hal ini disebabkan pinjol illegal disebut sangat meresahkan. Pinjol illegal sering kali melakukan terror dalam penagihan ke nasabahnya.

Menurut laporan, salah satu keluarga korban pinjol illegal nekat bunuh diri lantaran tak sanggup bayar utang.

"Saya ada laporan ada orang meninggal karena itu, tetapi tetap keluarganya diteror suruh bayar, pinjam hanya Rp1,2 juta lalu naik terus meninggal bunuh diri. Keluarganya yang nengok diteror, ini tidak diberitakan, dirahasiakan kepada orang tuanya di kampung meninggal karena sakit perut," ujarnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, pihaknya sudah menangkap 13 tersangka dari lima lokasi penggerebekan pinjol illegal.

Mahfud MD juga menegaskan, bahwa korban pinjol illegal tidak perlu membayar tagihan pada jasa pinjol tersebut. Para korban juga diimbau untuk melapor ke kantor polisi terdekat bila ditagih dengan terror oleh pinjol illegal.

“Kalau karena tidak membayar lalu ada yang tidak terima, diteror. Lapor ke kantor polisi terdekat, polisi akan memberikan perlindungan,” tegasnya.

Baca selengkapnya: 6 Fakta Meresahkan Pinjaman Online, Tidak Wajib Bayar Lho

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini