Menko Luhut Buka-bukaan soal Tudingan Bisnis PCR

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 320 2497061 menko-luhut-buka-bukaan-soal-tudingan-bisnis-pcr-QeLLhKGsaC.jpg Menko Luhut Jelaskan Soal Tudingan Bisnis PCR. (Foto: Okezone.com/Kemenko Marves)

JAKARTA— Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan kembali menjelaskan soal tudingan dirinya terlibat dirinya dalam bisnis tes PCR.

Luhut pun menepis tudingan atas pengambilan untung atas bisnis yang dijalankan oleh PT Genomik Solidaritas Indonesia (PT GSI) dan menyebutkan perannya dalam membantu penyediaan tes Covid-19 salam skala besar.

“Sejujurnya saya tidak pernah terbiasa untuk pamer untuk melaporkan atau menunjukkan segala bentuk perbuatan yang bersifat donasi seperti ini karena bagi saya jika tangan kanan memberi, tangan kiri tak perlu tahu,” kata Menteri Luhut Binsar dalam postingan instagram story pribadi, dikutip Jumat (5/11/2022).

Baca Juga: Menengok Perbedaan PCR dan Antigen, Mana yang Lebih Baik?

Klarifikasi ini disampaikan untuk meluruskan disinformasi. Ia tak ingin orang-orang yang berniat membantu penanganan pandemi Covid-19 karena akan dituduh hal yang tidak semestinya.

“Namun saya berkesimpulan harus menjelaskan dengan detail sesuai fakta yang ada dikarenakan ada disinformasi yang efeknya tidak hanya menimbulkan kegaduhan tetapi juga memunculkan ketakutan bagi mereka yang punya niat tulus dan semangat solidaritas tinggi untuk melihat negeri in bangkit lalu pulih dari pandemi,” paparnya.

Menteri Luhut Binsar mengatakaan pihaknya selalu mendorong agar harga tes PCR bisa diturunkan sehingga dapat terusmenjangkau masyarakat yang membutuhkan.

Baca Juga: Ada Oknum yang Diuntungkan, YLKI Soroti PCR Ekspres

“Kedua, hingga saat ini tidak ada pembagian keuntungan baik dalam bentuk dividen maupun dalam bentuk lain kepada pemegang sahamnya. Keuntungan GSI justru banyak digunakan untuk memberikan tes swab gratis kepada masyarakat yang kurang mampu dantenaga kesehatan di garda terdepan, termasukdi RSDC wisma atlet,” urainya.

“Saya terus berharap agar semangat solidaritasyang digalang oleh berbagai pihak untukmenanggulangi pandemi, bisa bermanfaat bagi pulihnya NKRI. Dan bukankah itu semua harapan kita bersama selama ini?,” pungkasnya. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini