6 Kereta LRT Jabodebek Rusak Imbas Tabrakan Diperbaiki di Madiun

Solopos.com, Jurnalis · Jum'at 05 November 2021 13:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 05 320 2497215 6-kereta-lrt-jabodebek-rusak-imbas-tabrakan-diperbaiki-di-madiun-GSGn2AA78k.jpg Kereta LRT (Foto: Solopos.com)

JAKARTA - Ada enam kereta Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek yang mengalami kerusakan cukup parah dibawa ke PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun. Enam kereta LRT itu tiba di Madiun pada Kamis 4 November 2021 malam.

Kereta tersebut ditutup dengan terpal sehingga tidak terlihat kondisi kerusakan di bodi kereta.

Enam kereta yang dibawa ke Madiun tersebut yang kerusakannya paling parah. Kereta ini merupakan bagian dari train set LRT Jabodebek nomor 29 dan 20 yang mengalami kecelakaan di ruas Cibubur-TMII, Jakarta, Senin (25/10/2021).

Baca Juga: Dirut LRT Jakarta Diganti, Ini Alasannya

Selanjutnya, akan dilakukan investigasi pada Jumat ini. Seluruh kereta akan dibongkar untuk mencari komponen mana yang rusak.

Baca Juga: Gelar Uji Coba LRT Jabodebek, Menhub: Evaluasi dan Perbaiki SOP

Seperti diketahui, PT INKA telah melakukan investigasi internal di lokasi terjadinya tabrakan LRT Jabodebek.

Senior Manager PKBL, CSR & Stajeholder Relationship INKA Bambang Ramadhiarto mengatakan, dari hasil investigasi internal, sementara ini ditemukan dugaan adanya human error.

Bambang menyebutkan, pada saat pengujian, seluruh fungsi sarana LRT Trainset No. 29 di lintasan LRT dekat Harjamukti Cibubur dalam kondisi baik. Operator yang melakukan uji gerak (dinamis) LRT diduga tidak segera menjalankan fungsi pengereman ketika menata Trainset No. 29 menuju posisi stabling/parkir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini