Share

5 Fakta Mengejutkan Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Selama 9 Bulan

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 08 November 2021 14:38 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 08 320 2498478 5-fakta-mengejutkan-bandara-halim-perdanakusuma-ditutup-selama-9-bulan-GrAKwN2lZ1.jpg Bandara Halim Ditutup? (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Bandara Halim Perdanakusuma akan ditutup selama 9 bulan untuk revitalisasi. Proses revitalisasi dilakukan karena Bandara Halim butuh perbaikan.

Menurut informasi yang beredar, revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma diprediksi dilakukan untuk menyambut KTT G20 yang direncanakan akan digelar tahun 2022.

Baca Juga: Bandara Halim Ditutup? Ini Penjelasan Kemenhub

Berikut fakta-fakta soal penutupan Bandara Halim seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Senin (8/11/2021).

1. Bandara Halim Ditutup 9 Bulan

Pengamat Penerbangan Alvin Lie menyebut penutupan Bandara Halim Perdanakusuma secara bertahap itu untuk dilakukan revitalisasi. Menurutnya saat ini waktu yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dari bandara tersebut.

“Bandara Halim memang akan ditutup selama 9 bulan, terutama dalam untuk kualitas meningkatkan fasilitas dan kapasitas dari landasan pacu serta infrastruktur lainnya termasuk terminal dan lain-lain,” kata Alvin Lie saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

2. Masalah di Bandara Halim

Alvin Lie menuturkan landasan pacu di Kawasan Bandara Halim sering kali menimbulkan beberapa permasalahan mulai dari permukaan jalan hingga permasalahan perbaikan taxiway untuk lebih efisien.

“Itu harus diperbaiki, kemudian beberapa bangunan di halim sudah cukup tua dan desainnya juga kurang nyaman ketika mulai dioperasikan tergesa-gesa dan sudah saatnya sekarang untuk diperbaiki dan ini menurut saya adalah waktu yang tepat,” ungkapnya.

Alvin lie menambahkan, perbaikan tersebut tepat dilakukan dikarenakan untuk traffic penerbangan penerbangan belum meningkat secara signifikan.

“Jadi selagi trafiknya sekarang trennya belum naik sekali sementara bisa dipindahkan ke Bandara Soekarno Hatta yang kapasitasnya masih memadai dan cukup,” ujarnya.

3. Rencana Besar Penutupan Bandara Halim

Revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma diprediksi dilakukan untuk menyambut KTT G20 yang direncanakan akan digelar tahun 2022 mendatang.

"Saya kira revitalisasi (Bandara Halim) ini terkait dengan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20. Ini perbincangan di kalangan pengamat,” ujar Pengamat Penerbangan Arista Admadjati saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Kemudian kata dia berbagai persiapan tersebut termasuk salah satunya yakni pembagunan infrastruktur untuk persiapan berbagai logistik pada event kolaborasi KTT G20 2022 tahun depan.

"Nanti kan ada tokoh-tokoh ternama misal Presiden AS Joe Biden yang akan datang ke Indonesia, ada pejabat lain dan tamu penting lainnya dan Bandara Halim akan difungsikan kemudian pesawat ada beberapa difungsikan sebagai pengamanan logistik kan," paparnya.

4. Penjelasan Kemenhub

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara menegaskan rencana penutupan Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta belum difinalisasikan.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto mengatakan Bandara Halim masih pada tahap revitalisasi. Artinya, proses penutupan tergantung pada skema revitalisasi yang dilakukan.

"Jadi itu penutupan belum, saya enggak bisa ngomong iya, engggak. Karena kenapa? Karena bisa keseluruhan, bisa sebagian, bisa keseluruhan, itu tergantung revitalisasi," ujar Novie saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat (5/11/2021).

5. Revitalisasi Bandara Halim

Revitalisasi HLP Jakarta untuk meningkatkan faktor keselamatan penerbangan. Saat ini, pembahasan intensif dilakukan antara Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II (Persero), hingga pemangku kepentingan lainnya.

Pembahasan konsep revitalisasi pun masih dilakukan. Baik kesiapan ihwal dampak revitalisasi yang memerlukan waktu kurang lebih 1 tahun.

"Hal ini untuk memastikan keselamatan, dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini