Ngeri! Erick Thohir Ingatkan BUMN Bisa Punah seperti Dinosaurus

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Selasa 16 November 2021 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 16 320 2502498 ngeri-erick-thohir-ingatkan-bumn-bisa-punah-seperti-dinosaurus-Eg5NT7UC8W.jpg Erick Thohir (Foto: Dok BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengingatkan agar BUMN mampu beradaptasi di era disrupsi. BUMN dituntut melakukan inovasi dan pengembangan teknologi.

Maka dari itu sangat penting melakukan transformasi bisnis. Transformasi kata Erick bila tidak direspons dengan baik, maka BUMN akan punah layaknya dinosaurus.

"Disrupsi tak hanya kehidupan kita, tapi digitalisasi robotic dan globalisation, tapi juga green economy, yang memastikan ini yang terbesar, kalau tak antisipasi tentu sebagai negara dan BUMN korporasinya juga kita akan jadi dinosaurus," ujar Erick dalam dalam gelaran Indonesia Human Capital Summit 2021, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Usul Masa Jabatan Komisaris BUMN 3 Tahun, Direksi 5 Tahun

Erick mencontohkan perubahan besar-besaran yang terjadi di Amerika Serikat (AS), di mana proses transformasi direspons dengan baik oleh perusahaan, khususnya menyesuaikan model bisnisnya dengan tuntutan zaman saat ini. Meski demikian, Erick tak menampik jika disrupsi memberikan dampak positif dan negatif.

Erick menyebut, teknologi mengubah tatanan bisnis secara cepat dan menyeluruh. Pada skala ekstrim, disrupsi justru menghilangkan pekerjaan yang digantikan dengan teknologi. "Ada banyak perubahan job. Pasti ada juga new jobs, pasti disrupsi itu ada positif dan ada negatif," katanya.

Erick Thohir melontarkan pertanyaan mampukah Indonesia menghadapi perubahan tatanan akibat distribusi digitalisasi tersebut. Sementara, masyarakat Indonesia menyadari bahwa industri 4.0 akan benar-benar terjadi.

Untuk perusahaan BUMN, Erick mengakui, belum semua perseroan mampu dan siap menjalankan transformasi digital dari hulu ke hilir. Meskipun dia tidak menapikan sejumlah program berbasis digital sudah dijalankan sebagian perseroan.

Dia menegaskan, bukan tidak mungkin adopsi teknologi dan digitalisasi terjadi di hampir semua klaster BUMN. Hal itu pun akan terus dikawal. Pemegang saham juga mendorong transformasi digital 4.0 untuk kesiapan penilaian digital di BUMN. Erick menegaskan, komitmennya jelas, melaksanakan akselerasi digitalisasi guna menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini