MotionBanking Bagikan 4 Cara Bedakan Gaya Hidup Hemat Vs Pelit, Cek Yuk!

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Rabu 24 November 2021 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 24 622 2506537 motionbanking-bagikan-4-cara-bedakan-gaya-hidup-hemat-vs-pelit-cek-yuk-0DrMVRdj1E.jpg Gaya hidup menabung vs pelit (Foto: MNC Media)

JAKARTA - Memulai gaya hidup menabung bisa dimulai dengan membatasi pengeluaran. Hal ini dilakukan agar uang yang dapat ditabung dapat lebih besar jumlahnya.

Namun sering kali karena terlalu fokus kepada nominalnya, seseorang menjadi takut untuk mengeluarkan uang untuk berbagai kepentingan yang memiliki nilai lebih.

Chief Operating Officer MotionBanking Teddy Tee menjelaskan, “Biasanya saat mulai menabung, masyarakat menjadi takut atau enggan untuk mengeluarkan uang dengan nominal lebih dari budget yang ditentukan agar uang yang disimpan bisa lebih banyak."

Baca Juga: Cek 3 Skala Prioritas Ini, Atur Strategi Keuangan di MotionBanking

Padahal, tambah Teddy, bukan berarti mengeluarkan uang lebih itu artinya boros. Oleh karena itu penting mengetahui jenis-jenis pengeluaran agar masyarakat dapat bijak dalam mengeluarkan uang.

Berikut empat cara membedakan gaya hidup hemat dan pelit dari MotionBanking milik PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group:

1. Price vs Value

Seseorang yang pelit biasanya melihat kebutuhan berdasarkan harga, sedangkan orang yang hemat melihat kebutuhan dari segi nilai yang bisa didapatkan.

Sebagai contoh, barang yang murah belum tentu memiliki kualitas yang baik dan tahan lama, sedangkan dengan mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, seseorang dapat memiliki barang dengan kualitas yang lebih baik dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Baca juga:  Ini 4 Tips Rencanakan Liburan Murah ke Luar Negeri ala MotionBanking!

2. Kebutuhan dan Keinginan

Membedakan mana yang menjadi kebutuhan dan keinginan dapat membuat seseorang menjadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Barang yang menjadi kebutuhan biasanya dapat memberikan nilai lebih dalam hidup seseorang, sedangkan barang yang menjadi keinginan biasanya hanya bersifat kepuasan semata.

3. Cari Berbagai Macam Opsi

Orang yang hemat akan selalu memiliki banyak opsi untuk bisa mencapai tujuannya, sedangkan orang yang pelit biasanya mengorbankan tujuannya untuk sepenuhnya menabung.

Contohnya, hidup sehat memerlukan biaya yang mahal, namun seseorang tidak perlu berhenti hidup sehat hanya untuk menabung.

Seseorang bisa mendapatkan manfaat yang serupa dengan melakukan olahraga di luar tanpa harus bergantung kepada membership di pusat kebugaran.

4. Sistem Rewarding

Memberikan hadiah kepada diri sendiri juga penting dalam menabung. Hal ini dilakukan untuk memberikan dorongan mental agar gaya hidup menabung yang dijalani terasa menyenangkan.

Seseorang yang enggan memberikan reward ke diri sendiri bisa merasa kalau gaya hidup menabung itu sangatlah sulit.

MotionBanking dari PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) di bawah naungan MNC Group memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin memulai gaya hidup menabung. Dengan MotionBanking, masyarakat bisa mendapatkan bunga tabungan dengan suku bunga hingga 3,5% per tahun.

Untuk menjadi nasabah, caranya pun mudah. Unduh aplikasi MotionBanking di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan berikut bit.ly/downloadMotionBanking kemudian isi data diri lalu selfie dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Untuk informasi dan syarat ketentuan lebih lanjut, dapat mengunjungi www.motionbanking.id, menghubungi call center MNC Bank di 1500188, Whatsapp di 0888-888-8888, email di cs@motionbanking.id dan Instagram di @motionbankingid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini