Share

Kenalin Nih Tukang Cukur Terkaya Punya 400 Mobil Mewah! Pernah Hidup Susah, Makan Sekali Sehari

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Senin 29 November 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 320 2509224 kenalin-nih-tukang-cukur-terkaya-punya-400-mobil-mewah-pernah-hidup-susah-makan-sekali-sehari-G3VTlA90Qg.jpg Tukang Cukur Jadi Miliarder (Foto: India Times)

JAKARTA – Ramesh Babu tukang cukur asal India yang menjadi miliarder dan memiliki lebih dari 400 mobil. Dan kebanyakan merupakan mobil mewah seperti BMW, Jaguar, bahkan Rolls Royce.

Dia bukanlah keturunan miliarder, ayah Ramesh Babu, P Gopal merupakan tukang cukur di Bangaluru dan meninggal ketika Ramesh masih berusia 7 tahun. Demikian seperti dilansir India Times, Jakarta, Senin (29/11/2021).

Ayahnya tidak memiliki warisan untuk istri dan ketiga anaknya selain tempat pangkas rambut kecil di Bridged road, Bengaluru.

Baca Juga: Kisah Sukses Raja Lipstik dari China, Punya Kekayaan Rp71 Miliar

Karena ibu Ramesh tidak bisa mengelola pangkas rambut yang kemudian menyewakannya seharga Rs5 sehari. Ibunya pun juga harus bekerja sebagai pelayan dengan upah Rs40 hingga Rs50 (sekitar Rp7.600 – Rp9.500) per bulan.

Ibunya harus mencukupi makan anak-anaknya, pakaian, dan lainnya. Dengan keadaan ekonomi itu Ramesh Babu juga hanya makan sekali dalam sehari.

Untuk membantu ibunya, Ramesh juga terpaksa bekerja sambilan seperti pengirim surat kabar, susu ke rumah, atau apapun yang bisa dia lakukan pada usia 13 tahun.

Dari kerja sampingannya tersebut dia melanjutkan pendidikan hingga studi standar ke sepuluh (sekolah menengah).

Mulai Menjalankan Tukang Cukur

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ramesh Babu memutuskan mulai menjalankan pangkas rambut yang ditinggalkan mendiang ayahnya.

Tokonya terletak di kompleks perbelanjaan dekat sekolahnya dulu. Salon tersebut dikenal sebagai ‘Inner Space’ dan menjadi outlet styling trendi.

Pada 1993, Ramesh Babu berkeinginan membeli mobil Maruti Van (Omni) dari tabungan selama mencukur dan bantuan Pamannya. Namun karena jarang dipakai, mobil tersebut kemudian dia sewakan.

Ramesh Tours and Travels Berdiri

 

Saat itu Ramesh mulai menyadari potensi layanan penyewaan mobil kelas atas dan mulai membangun armada mobilnya sendiri. Kontrak bisnis pertamanya dari tempat ibunya bekerja dulu.

Yang kemudian berdirilah Ramesh Tours and Travels. Perusahaan yang menyewakan mobil sejak akhir 90-an.

Kini Ramesh Tours & Travels berjalan di Delhi Chennai, Bengaluru. Usahanya tersebut sukses dan berharap untuk mengembangkannya hingga ke penjuru negeri.

Tercatat investasi dalam mobil mewah adalah Mercedes E Class senilai Rs38 lakh atau Rp726 juta.

Saat ini bisnisnya terdiri dari 400 mobil, van dan minibus, termasuk kendaraan impor Rolls-Royce Silver Ghost, Mercedes C, E dan S class dan BMW seri 5, 6 dan 7. Dia juga memiliki van Mercedes impor dan minibus Toyota.

Tetap Jadi Tukang Cukur

Walaupun demikian, sebagai tukang cukur professional Ramesh Babu tetap menjalankan salonnya di Bowring Institute.

Dia menghabiskan menghabiskan lima jam setiap hari untuk mencukur rambut pelanggan tetapnya. Ramesh mengatakan, dia tidak ingin melupakan akarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini