Erick Thohir Belajar dari Anjloknya Ekonomi Amerika Latin

Suparjo Ramalan, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 11:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 320 2510120 erick-thohir-belajar-dari-anjloknya-ekonomi-amerika-latin-0H2rxqPSmL.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa kita perlu belajar dari merosotnya makro ekonomi Amerika Latin. Proses belajar itu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dalam negeri hingga 2045 mendatang.

Menurut Erick, merosotnya ekonomi Amerika Latin disebabkan ekosistem investasi yang kurang dimaksimalkan otoritas setempat. Padahal, Amerika Latin menjadi salah satu benua yang diproyeksi memiliki kekuatan ekonomi terbesar di dunia.

Baca Juga: Erick Thohir Ungkap Tak Mudah Satukan Visi BUMN

Perkaranya, saat bonus demografi terjadi, benua tersebut justru mengalami pemerosotan teknologi, sumber daya manusia (SDM) hingga research and development (R&D).

"Akhirnya ketika bonus demografi, bonus pertumbuhan itu terjadi, tidak ada investasi baru. Dalam arti apa investasi? Tidak membangun ekosistem yang sehat. Pabrikan yang modern dan juga SDM-nya yang sangat tertinggal dan tidak ada juga penguatan R&D. Itulah yang kita lihat Amerika latin yang sekarang terus merosot," ujar Erick, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Erick Thohir Bubarkan Forum BUMN yang Tidak Efisien

Indonesia, kata Erick, tengah menghadapi tekanan dan tuntutan yang sama saat ini. Karena itu, dia meminta agar semua pihak tetap membangun komitmen yang sama dan bergotong royong untuk mendorong makro ekonomi dalam negeri. Khususnya, di saat pandemi Covid-19.

"Bagaimana kita luar biasa ketika seluruh bangsa-bangsa di dunia mencemoohkan kita. Kita tidak mampu menangani Covid, tetapi kenyataannya dengan kita komitmen, kita bergotong royong, sekarang kita adalah salah satu negara yang bisa menangani Covid dengan baik dan juga pertumbuhannya tetap baik," tutur dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini