Share

Angkutan Logistik Diizinkan Melintas saat Libur Natal dan Tahun Baru

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Jum'at 03 Desember 2021 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 320 2511231 angkutan-logistik-diizinkan-melintas-saat-libur-natal-dan-tahun-baru-oFSaWaL8vu.jpg Angkutan Logistik Tetap Beroperasi saat Libur Natal dan Tahun Baru. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA Transportasi logistik tetap beroperasi di tengah pembatasan dan pengetatan sejumlah sektor transportasi guna mencegah penyebaran virus Covid-19 varian baru masuk ke Indonesia yaitu Omicron.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan,bahwa kendaraan angkutan logistik tidak dilakukan pembatasan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 di masa libur Natal dan Tahun Baru mendatang.

Baca Juga: Bandara Kualanamu Dikelola Perusahaan India, KPPU: Kita Lihat Ini Kerjasama Bisnis

“Kami (Kemenhub) telah menyiapkan konsep untuk Nataru tahun ini, mobilitas angkutan logistik tidak dibatasi. Ini menunjukkan bahwa kita pro agar kegiatan ekonomi tetap berjalan," kata Menteri Budi Karya dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Jumat (3/12/2021).

Baca Juga: Syarat Liburan Nataru, Wajib Punya Stiker dari RT/RW

Dalam antisipasinya, Kemenhub mengaku akan mengkoordinasikan dan memastikan kesiapan operasionalisasi angkutan umum selama nataru dan masa ppkm level 3 dengan melakukan kesiapan dan kelaikan operasi armada di setiap moda transportasi.

“Berbagai antisipasi critical point dalam pembatasan dan pengendalian mobilitas subsektor darat di mana selain diperlukan manajemen terhadap angkutan umum juga terhadap potensi pergerakan dengan mobil pribadi dan motor,” ujarnya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Tak hanya itu, skenario sistem ganjil genap direncanakan akan diterapkan di ruas jalan tol seperti di tangerang-merak, ruas tol bogor-ciawi-cigombong, ruas tol cikampek-palimanan-kanci, ruas tol cikampek-padalarang-cileunyi dan akan mulai diberlakukan mulai tanggal 20 desember sampai 2 januari.

“Kita juga akan meningkatkan pengawasan protokol kesehatan dan implementasi PeduliLindungi. Jadi kita akan membuat sejumlah checkpoint di jalan tol dan jalan lainnya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini