Share

Sumber Kekayaan Susilo Wonowidjojo, Bos Gudang Garam Punya Harta Rp76,3 Triliun

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 22:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 320 2512843 sumber-kekayaan-susilo-wonowidjojo-bos-gudang-garam-punya-harta-rp76-3-triliun-WvshkBcFNR.jpg PT Gudang Garam (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - Sumber kekayaan Susilo Wonowidjojo diperoleh dari kepemilikan pabrik rokoknya. Nilai kekayaan bisnis keluarga ini terus melaju dengan berbagai inovasi yang dikembangkan.

Melansir Forbes pada Senin (6/12/2021), data tahun 2020 menunjukkan pendiri sekaligus pemilik Gudang Garam ini mengantongi kekayaan sebesar USD5,3 miliar atau setara Rp76,3 triliun (kurs Rp14.400 per USD).

Susilo Wonowidjojo dan keluarganya mempeloreh kekayaan dari Gudang Garam, produsen rokok dengan produksi mencapai 85 miliar batang rokok setahun.

Berikut sumber kekayaan Susilo Wonowidjojo yang telah dirangkum oleh Okezone.

1. PT. Gudang Garam TBK

Gudang Garam didirikan pada 26 Juni 1958 di Kediri, Jawa Timur oleh ayahnya Surya Wonowidjojo. Semula, bekerja di bisnis tembakau pamannya.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Tri Rismaharini, Hartanya Naik Jadi Rp8,5 Miliar

Sebelumnya, salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Gudang Garam berawal dari sebuah industri rumahan.

Kemudian, terus tumbuh menjadi perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang berdampingan dengan Djarum dan Sampoerna sebagai penguasa pasar rokok.

Susilo Wonowidjojo mengambil alih estafet kepemimpinan di PT. Gudang Garam sejak 2009, adiknya Juni Setiawati adalah komisaris utama.

Baca Juga: Sumber Kekayaan Airlangga Hartarto Rp280 Miliar, Punya Properti di Australia

Pada tahun 2013, Gudang Garam memperluas daerah produksinya. Areal perusahaan yang semula hanya seluas 1.000 meter persegi kini menjadi sekitar 208 hektare terletak di wilayah Kabupaten dan Kota Kediri serta Pasuruan.

2. Ekspansi di bisnis aviasi

Saat ini, saham Gudang Garam diperdagangkan secara publik di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jaringan distribusi sudah sangat kuat di seluruh Indonesia.

Baru-baru ini, Gudang Garam juga tengah berekspansi di bisnis aviasi. Di mana tengah membangun bandara yang berlokasi di Kediri.

3. Usaha Lainnya

Selain rokok, keluarga Wonowidjojo juga memiliki sejumlah usaha lainnya di sektor perkebunan sawit, properti dan infrastruktur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini