Share

4 Langkah Mengatur Keuangan Sebelum Akhir Tahun

Ahmad Hudayanto, Jurnalis · Minggu 12 Desember 2021 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 12 622 2515739 4-langkah-mengatur-keuangan-sebelum-akhir-tahun-CkPvgzpby4.jpg Tips Mengatur Keuangan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tak terasa sedikit lagi sudah di penghujung tahun 2021. Dan akhir tahun inilah perlu meningkatkan upaya untuk perencanaan keuangan Anda.

Upaya tersebut bisa berupa memulai atau menambahkan simpanan untuk masa depan, perlindungan dari penipuan, dan menjaga kesehatan yang lebih baik.

Berikut upaya perencanaan keuangan sebelum akhir tahun 2021 yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Minggu (12/12/2021).

1. Mulai Mendanai Masa Pensiun

Dana pensiun memang tidak dapat dirasakan satu sampai lima tahun ke depan. Akan tetapi mempersiapkan dana pensiun tentu sangat penting untuk masa yang akan datang.

Banyak perusahaan yang sudah menyisihkan sebagian gaji karyawannya untuk dana pensiun. Bagi yang belum bisa sesegera mungkin untuk mulai mempersiapkan dana pensiun.

Dan terlebih lagi di akhir tahun mungkin Anda menerima bonus tahunan atau rezeki lainnya yang bisa disisihkan ke dana pensiun tersebut.

Baca Juga: Rahasia Jadi Kaya Raya dan Uang Tak Habis-Habis

 

2. Periksa Keamanan Keuangan Digital

Pada akhir tahun 2021 penipuan dapat meningkat lebih dari 23%. Maka dari itu lakukan penghapusan info kartu kredit dan lainnya yang tersimpan di browser.

Sebab sedang marak kasus pencurian data pribadi seperti rekening bank, kartu kredit, serta informasi penting lainnya hanya melalui jejak di internet.

Amankan data tersebut, seperti jangan mengklik URL yang tidak aman, hapus dan jangan menyimpan informasi penting dari browser atau media sosial lainnya.

 

3. Rawat Kesehatan dengan Lebih Murah

Di penghujung tahun ini Anda dapat mencari informasi untuk menjaga kesehatan yang lebih murah, namun tetap efektif.

4. Amal dan Bersedekah

Bulan Desember dengan bonus tahunannya, Anda juga bisa bersedekah sebelum mengakhiri tahun 2021 ini.

Dan dengan bonus tersebut mungkin dapat menambah sedekah tersebut, namun tetap sesuai dengan situasi keuangan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini