Share

Profil Sjamsul Nursalim, Eks Buronan Kasus BLBI Masuk Daftar Orang Terkaya RI Berharta Rp12,5 Triliun

Erlinda Septiawati, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 320 2517857 profil-sjamsul-nursalim-eks-buronan-kasus-blbi-masuk-daftar-orang-terkaya-ri-berharta-rp12-5-triliun-dpF9GH56vk.png Sjamsul Nursalim (Foto: Forbes)

JAKARTA – Sjamsul Nursalim masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes 2021.

Menurut data, Sjamsul Nursalim berada diposisi ke-47 dengan total kekayaan mencapai USD880 juta atau setara Rp12,5 triliun (kurs Rp14.300 per USD). Demikian seperti yang dilansir dari Forbes, Kamis (16/12/2021).

Baca Juga: Kasus BLBI, Konglomerat Sjamsul Nursalim Bayar Utang Rp150 Miliar ke Negara

Meski ayahnya hanya seorang pedagang karet, Sjamsul Nursalim bisa mendulang aset kekayaan dari beragam bisnis yang dikelola seperti properti, batu bara, dan ritel.

Kemudian, dirinya mempunyai saham di Mitra Adiperkasa yang mengoperasikan Zara, Topshop, Steve Madden dan merek toko lainnya di Indonesia.

Sjamsul Nursalim sempat bertaruh pada real estat dengan saham Tuan Sing Holdings yang terdaftar di Singapura. Dirinya ikut mengembangkan dan memiliki berbagai properti.

Sebagai informasi, Sjamsul Nursalim merupakan obligor atau pemilik bank yang mendapat dana dari BLBI untuk membantu banknya agar tidak bangkrut saat krisis moneter.

Bos PT Gajah Tunggal Tbk tersebut pernah mendapatkan kucuran dana dari Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) untuk kedua banknya.

Tercatat Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Sjamsul Nursalim memiliki utang kepada negara sebesar Rp517,72 miliar. Utang ini berkaitan dengan pemberian dana BLBI kepada Bank Dewaruci dan Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

Baca Juga: Kasus BLBI Sjamsul Nursalim SP3, Mahfud MD: Pemerintah Menagih dan Buru Asetnya!

Baru-baru ini, Satuan Tugas (Satgas) BLBI telah menerima pembayaran utang sebesar Rp150 miliar dari Sjamsul Nursalim pada tanggal 11, 17, dan 18 November 2021.

Sebelumnya, Sjamsul Nursalim dan istrinya Itjih resmi masuk daftar buron Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 2019 lalu. Mereka ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus obligasi BLBI untuk Bank Dagang Nasional Indonesia (BDNI).

Pada akhirnya dilepas melalui Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3). Perkara Sjamsul Nursalim dihentikan lantaran lepasnya Syafruddin Arsyad Tumenggung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini