Share

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Ngloram, Berikut Spesifikasinya

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 320 2518356 presiden-jokowi-resmikan-bandara-ngloram-berikut-spesifikasinya-Ppew6xxJSn.jpg Menhub Pastikan Kesiapan Bandara Nglo

JAKARTA Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, siap diresmikan Presiden Joko Widodo pada hari ini.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun melakukan pengecekan melalui kesiapan sejumlah fasilitas bandara, baik di sisi udara seperti landasan pacu, pagar pengaman dan terminal penumpang.

Baca Juga: 4 Hotel Bandara Super Keren di Dunia, Bikin Pengen Liburan Terus

“Bandara Ngloram dalam kondisi baik dan siap untuk diresmikan. Alhamdulillah sesuai harapan kita juga, penerbangan dari maskapai Citilink telah beroperasi kembali di Bandara Ngloram pada 26 November 2021,” kata Menhub dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Jumat (17/12/2021).

Menhub mengatakan, untuk Saat ini maskapai Citilink melayani penerbangan rute Jakarta (Bandara Halim Perdanakusumah) menuju Bandara Ngloram, sebanyak 2 (dua) kali seminggu tiap hari Senin dan Jumat.

“Beroperasinya Bandara Ngloram sebagai bandara komersil merupakan salah satu bentuk sinergi yang baik antara pemerintah pusat, daerah, dan operator penerbangan, dalam mewujudkan konektivitas dari dan menuju Blora, Jateng,” ucap Menhub.

Baca Juga: Pria Diciduk Polisi Bandara Karena Bawa 10 Dokumen Palsu

Menhub mengatakan Bandara Ngloram dapat menjadi alternatif konektivitas dan aksesibilitas bagi masyarakat di Jawa Tengah.

“Misalnya seperti Blora, Bojonegoro dan sekitarnya, serta diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah yang dikenal menjadi pusat aktivitas industri perminyakan dan industri bisnis lainnya,”urainya.

Sebelumnya Bandara Ngloram adalah bandara milik PT Pertamina yang dibangun untuk menunjang operasional perusahaan dan sudah tidak beroperasi lagi sejak tahun 1984.

“Bandara Ngloram mulai dibangun oleh Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Udara sejak tahun 2018 hingga saat ini 2021 menggunakan APBN untuk pengembangan di antaranya perpanjangan runway, pelapisan, pembuatan taxiway, apron, pagar pengaman, dan terminal penumpang senilai 132 miliar Rupiah,” pungkasnya.

Sebagai informasi. Bandara Ngloram memiliki landas pacu (runway) sepanjang 1500 m x 30 m, taxiway 142 mx23 m, Apron 90 m x 60 m, dan Terminal Penumpang seluas 3.526 meter persegi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini