Share

5 Manfaat Emas, Tidak Hanya untuk Investasi

Zikra Mulia Irawati, Okezone · Selasa 28 Desember 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 622 2523638 5-manfaat-emas-tidak-hanya-untuk-investasi-Ad3pG6hHaD.jpg Manfaat Emas, Tidak Hanya untuk Investasi (Foto: Okezone)

JAKARTA – Lima manfaat emas tidak hanya untuk investasi. Emas yang belakangan ini tengah ramai dijadikan aset investasi ternyata memiliki segudang manfaat. Karena ilmu pengetahuan yang kian berkembang, masyarakat pun menjadi kian kreatif dalam memanfaatkan salah satu logam mulia termahal ini.

Okezone pada Selasa (28/12/2021) telah merangkum sejumlah manfaat emas selain untuk berinvestasi, salah satunya bahkan untuk mempercantik hidangan. Penasaran? Simak informasinya di bawah ini.

1. Perhiasan

Sebelum digunakan untuk berinvestasi, masyarakat khususnya Indonesia lebih dulu mengenal emas sebagai perhiasan. Jenis perhiasannya pun beragam, mulai dari gelang, kalung, anting, hingga cincin.

Baca Juga: Emas Antam Hari Ini Turun, Cek Harganya di Sini

2. Alat pembayaran

Dinar merupakan mata uang yang menggunakan emas sebagai bahannya. Mata uang ini masih digunakan di beberapa negara Timur Tengah, seperti Serbia, Aljazair, Libya, Bahrain, Tunisia, Irak, Kuwait, dan Yordania.

Baca Juga: Harga Emas Anjlok, Investor Soroti Rencana The Fed Naikkan Suku Bungaemas

3. Penghargaan

Di banyak kejuaraan, emas disematkan kepada peraih posisi pertama. Selain itu, platform video terbesar di dunia, YouTube, juga memberikan gold button kepada kreatornya yang telah mencapai 10 juta pelanggan.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

4. Mempercantik hidangan dan kulit

Belakangan ini, muncul berbagai hidangan yang menggunakan emas untuk mempercantik tampilannya. Emas yang digunakan pun harus edible gold dengan kadar 23-24 karat yang bersifat inert atau tak terurai saat masuk ke dalam tubuh manusia.

Selain itu, emas juga digunakan dalam rangkaian perawatan kulit. Emas diklaim memiliki kandungan antioksidan, kolagen, hingga antiinflamasi. Hal-hal tersebut dapat mencegah penuaan dini dan berbagai masalah lain yang biasa terjadi pada kulit.

5. Komponen mesin

Emas tak ketinggalan juga digunakan dalam berbagai komponen mesin dan elektronik. Penggunaan tersebut didasarkan kepada emas yang dapat menjadi konduktor yang baik dan bersifat antikarat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini