Share

Perjalanan Husain Djojonegoro, dari Orang Tua hingga ABC Kini Punya Harta Rp17,8 Triliun

Sevilla Nouval Evanda, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 320 2524241 perjalanan-husain-djojonegoro-dari-orang-tua-hingga-abc-kini-punya-harta-rp17-8-triliun-wYj4wTTNKf.jpg Perjalanan Husain Djojonegoro Punya Harta Rp17 Triliun (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Husain Djojonegoro adalah jadi salah satu pengusaha terkaya yang masuk daftar 50 orang terkaya Indonesia 2021 versi Forbes.

Dia berhasil sukses setelah melewati masa lalu yang cukup sulit. Meski begitu, keluarga Husain memiliki latar belakang pengusaha pula. Siapa yang tak kenal merek dagang Orang Tua? Pria di baliknya adalah almarhum ayah Husain, Chandra Djojonegoro alias Chu Sam Yak.

Pada 1948, dialah yang merintis usaha minuman anggur tradisional Cap Orang Tua bersama mendiang paman Husain, Chu Sok Sam.

Brand minuman itulah yang akhirnya merintis merek dagang Orang Tua dan ABC meluas. Di tengah upaya Chandra dalam merintis usaha, ia menghadapi kelakukan Husain yang juga punya nama Chu Kok Seng itu. Husain pun diperintahkannya untuk jadi sales di sebuah pabrik sandal.

Baca Juga: Kisah Sukses Dr Boen, Jualan Obat dari Garasi Mobil Kini Punya Harta Rp60,3 Triliun

Lima tahun lamanya, Chandra pun menyadari jiwa dagang dalam diri Husain dan menunjuknya sebagai direktur PT International Chemical Industrial Co. Ltd yang sebelumnya didirikan pada 1959.

Perusahaan itulah yang gencar memproduksi batu baterai merek ABC. Seperti yang diketahui, merek tersebut kini meluas dan terkenal se-Indonesia.

Tak cuma baterai, ABC pun akhirnya melebarkan sayap usahanya ke produksi sirup, saus tomat dan sambal, hingga kecap ABC yang jadi produk unggulan.

Saat ini, pria 72 tahun itu memiliki perusahaan Orang Tua bersama dua saudaranya. Husain dan adiknya, Pudjiono, juga terus mengelola ABC. Mengutip Forbes, per 13 Desember, harta pengusaha kaya ini pun tembus USD1,25 miliar atau setara Rp17,8 triliun (kurs Rp14.300/dolar).

Sementara itu, saudara Husain, Hamid, mengelola grup barang konsumsi yang menjual merek Vit-Amin, wafer Chizmill, dan minuman herbal Jagak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini