Share

Sumber Kekayaan Putera Sampoerna, Cucu Pendiri HM Sampoerna Berharta Rp25,7 Triliun

Zikra Mulia Irawati, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 455 2526741 sumber-kekayaan-putera-sampoerna-cucu-pendiri-hm-sampoerna-berharta-rp25-7-triliun-4V4Kz3TUPb.jpg Harta Putera Sampoerna (Foto: Reuters)

JAKARTA - Sumber kekayaan Putera Sampoerna. Meskipun telah menjual bisnis rokok cengkih milik keluarganya pada 2005 kepada Philip Morris dengan harga USD2 miliar, dia tetap bertengger di posisi orang terkaya ke-25 di Indonesia.

Berdasarkan data Forbes, Senin (3/1/2022), kekayaan Putera mencapai USD1,8 miliar atau setara Rp25,7 triliun (kurs Rp14.300 per USD). Dengan harta itu, Putera bersama istrinya, Katie, terlibat dalam kegiatan filantropis ASEAN selama 25 tahun.

Putera Sampoerna adalah seorang pengusaha Indonesia yang dikenal sebagai bos perusahaan rokok PT HM Sampoerna Tbk. Putera adalah generasi ketiga dari keluarga Sampoerna di Indonesia. Dia adalah putra dari Liem Swie Ling dan cucu dari Liem Seeng Tee,

Baca Juga: Sumber Kekayaan Low Tuck Kwong, Raja Batu Bara Berharta Rp37,1 Triliun

Kini, bisnis Putera dan keluarganya berada di bawah Sampoerna Strategic Group dengan bidang bisnis meliputi agrikultur, keuangan, dan karet. Simak informasi lengkapnya dalam daftar di bawah ini.

1. PT Sampoerna Agro, Tbk

PT Sampoerna Agro resmi terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 2007 setelah sebelumnya bernama PT Selapan Jaya.Produk-produk yang dihasilkan perusahaan ini di antaranya produk minyak sawit, biji minyak sawit superior, dan produk non-sawit seperti sagu dan karet.

Sampoerna Agro memiliki puluhan anak perusahaan. Salah satu di antaranya, yaitu PT Binasawit Makmur, menjangkau penelitian dan penyemaian biji. Perusahaan ini memproduksi 12 varietas biji minyak sawit superior di bawah nama DxP Sriwijaya dan DxP Sriwijaya Semi Klon. Produk tersebut pun laku keras di industri ini.

Tak hanya itu, Sampoerna Agro juga memiliki fasilitas unit pemrosesan benih yang terintegrasi dengan laboratorium dan kemudian didistribusikan ke berbagai daerah di Indonesia. Sejak 2008, produk-produk Binasawit Makmur telah dilindungi oleh hak paten dari Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Harta Hartono Bersaudara Turun Rp3,81 Triliun

2. PT Sampoerna Financial Group

Sampoerna Financial Group memiliki empat unit, yaitu PT Bank Sahabat Sampoerna, PT Sahabat UKM Sampoerna (Sahabat UKM), PT Mekar Investama Sampoerna (MEKAR), dan PT Sampoerna Gold Indonesia. Bank Sahabat Sampoerna adalah peminjam terbesar untuk usaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia.

3. PT Sumber Graha Sejati (Sampoerna Kayoe)

Sama seperti Sampoerna Agro, Sampoerna Kayoe juga memiliki banyak anak perusahaan di bawahnya. Perusahaan ini memiliki enam pabrik di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi serta 10 area penanaman veneer di Jawa dan Sumatera.

Selain itu, Sampoerna Kayoe telah menjangkau pasar beberapa negara Asia, Amerika, Eropa, dan Australia seperti China, Belgia, Australia, Jepang, Filipina, dan masih banyak lagi.

4. Putera Sampoerna Foundation

Putera Sampoerna Foundation merupakan institusi bisnis sosial yang berfokus pada bidang pendidikan. Ada sejumlah sekolah dan universitas yang berdiri di bawah nama ini, di antaranya Sampoerna University, Sampoerna Academy, dan Sampoerna School System.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini