Share

Profil PLN Batu Bara, Perusahaan yang Bakal Dibubarkan Luhut

Oktiani Endarwati, Koran SI · Selasa 11 Januari 2022 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 320 2530698 profil-pln-batu-bara-perusahaan-yang-bakal-dibubarkan-luhut-X9VI4ZGi3h.jpeg Menko Luhut Binsar Pandjaitan minta PLN Batu Bara dibubarkan (Foto: Okezone)

JAKARTA – Anak usaha PLN yakni PLN Batu Bara terancam dibubarkan. Pembubaran PLN Batu Bara ditegaskan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

PT PLN Batubara dianggap sebagai salah satu penyebab kelangkaan pasokan batu bara di pembangkit PLN karena sering berkontrak dengan perusahaan trader batu bara.

Baca Juga: Anies Motivasi Pelajar: Mau Jadi Permata atau Batu Bara?

Luhut meminta agar PLN tidak lagi membeli batu bara secara kontrak kepada trader untuk menjadi bahan bakar pembangkit listrik. PLN diharuskan membeli batu bara secara langsung kepada perusahaan batu bara.

Mengutip dari laman PLN Batubara, PT PLN Batubara merupakan Anak Perusahaan PT PLN (Persero) yang didirikan pada tanggal 11 Agustus 2008 dengan tujuan pendirian untuk mengamankan pasokan batubara untuk PLTU PLN (Persero) dan Anak Perusahaan (Securing Business Sustainability) dengan harga yang efisien (Optimizing Cost Efficiency).

Baca Juga: Pengusaha Sumringah Ekspor Batu Bara Dibuka Besok

PT PLN Batubara telah mengalami transformasi bisnis sejak didirikannya dan untuk dapat melayani kebutuhan batu bara PLTU PT PLN (Persero) dan Anak Perusahaan, PT PLN Batubara telah mempunyai 5 sumber tambang batu bara melalui Anak Perusahaan dan Perusahaan Afiliasi serta mengembangkan kerjasama untuk trading batu bara.

Pada tahun 2019, PT PLN Batubara menyuplai batu bara sebesar 24,02 juta metric ton (MT) dan mampu menghasilkan laba bersih hingga Rp460 miliar. Perusahaan memasok kebutuhan batu bara untuk 49 PLTU.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

Pada 2020, PLN Batubara telah mengantongi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi Khusus (IUP OPK) dari Kementerian ESDM, sehingga perusahaan dapat memasok batu bara untuk PLTU IPP dan industri non kelistrikan.

PLN Batubara juga memiliki anak perusahaan dan perusahaan afiliasi. Mulai dari PT Jambi Prima Coal, PT Bangun Persada Jambi Energi, dan PT Mahakarya Abadi Prima yang bergerak di bidang usaha penambangan batu bara.

Kemudian PT PLN Batubara Niaga yang bergerak di bidang usaha pengangkutan dan penjualan batu bara untuk PLTU IPP dan industri, PT PLN Barubara Investasi untuk investasi bidang batu bara.

Selanjutnya, PT Banyan Koalindo Lestari yang bergerak di bidang penambangan batu bara, PT Musi Mitra Jaya yang bergerak di bidang penyediaan jasa jalan angkut batu bara, PT Sriwijaya Bara Logistic yang bergerak di bidang usaha penyediaan jasa pelabuhan dan muat batu bara, dan PT Prima Bara Indonesia yang menjalankan usaha penambangan batu bara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini