Share

RI Kembali Buka Ekspor Batu Bara, Apa Alasannya? Luhut: Kita Perlu Uang!

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 320 2531437 ri-kembali-buka-ekspor-batu-bara-apa-alasannya-luhut-kita-perlu-uang-GparHgPpUk.jpg Ekspor Batu Bara Diizinkan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah telah mengizinkan ekspor batu bara. Banyak negara pun membutuhkan hingga menelepon Presiden untuk kembali memberikan izin ekspor tersebut.

“Jadi kalau ada yang bilang kok ekspor sekarang dibuka kan kita perlu uang itu satu,” kata Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, saat ditemui di kantornya, Kamis (13/1/2022).

Baca Juga: Ekspor Batu Bara Dibuka bagi Perusahaan yang Penuhi DMO 100%

Menurut Luhut, banyak sejumlah negara sekitar sangat bergantung dan butuh kepada Indonesia dan telah bergantung untuk pasokan batu baranya.

“Jadi orang itu gak boleh main-main. Jadi ada beberapa Kementerian Luar Negeri yang menelepon presiden tanya, saya bilang pak sudah saya mulai malam ini, dan kita mulai rilis,” ujarnya.

Baca Juga: Larangan Ekspor Batu Bara Dicabut Ada di Tangan Menko Luhut

Menurut Luhut, ekspor secara bertahap akan mulai berjalan asal sudah terpenuhi kewajiban Domestic Market Obligation DMO-nya

“Selama ini kita tidak tahu dan sangat membutuhkan jadi jangan main main sama kita, tidak ada maksud apa apa kita ingin semua equals,” urainya.

Sebagai catatan, sebanyak 37 Kapal pengangkut batu bara siap berlayar dan berangkat ke negara tujuan ekspor mulai hari ini, Rabu (12/01/2022) malam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini