Share

Heboh Tan Paulin Disebut 'Ratu' Batu Bara, Komisi VII Dalami di Panja Illegal Mining

Athika Rahma, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 320 2532329 heboh-tan-paulin-disebut-ratu-batu-bara-komisi-vii-dalami-di-panja-illegal-mining-o9ISbt5aLC.jpg Heboh 'Ratu' Batu Bara (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Sosok Tan Paulin bikin heboh setelah disebut-sebut sebagai 'ratu' batu bara di Kalimantan Timur.

Nama Tan Paulin mencuat dalam Rapat Dengar Pendapat Menteri ESDM dengan Komisi VII DPR, Kamis 14 Januari 2022.

Anggota Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengaku belum mendengar sosok Tan Paulin ini.

"Baru dengar kemarin di RDP dengan Kementerian ESDM. Kalau memang benar adanya dan ternyata illegal mining, ya, tentu kita bisa dalami di panja Illegal Mining di Komisi VII," ujar Eddy kepada MNC Portal Indonesia, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Terungkap! Ada 'Ratu' Batu Bara di Kaltim Kantongi Rp2,5 Triliun, Siapa Dia?

Eddy melanjutkan, isu illegal mining ini tentu harus menjadi perhatian. Namun, sebelum membeberkan sosok 'ratu batu bara' ini, Komisi VII akan mencari data dan faktanya terlebih dulu.

"Tentu ini hal serius, tapi kita dalami dulu supaya data dan faktanya akurat," jelasnya.

Bukan hanya terkait sosok Tan Paulin, Eddy mengatakan pihaknya akan melakukan penelusuran jika memang ada laporan terkait aktivitas illegal mining.

"Jika ada laporan masuk ke kami dengan dukungan fakta dan dan data yang kredibel, tentu akan kami dalami," katanya.

Sebelumnya, Anggota DPR Komisi VII Muhammad Nasir mengkritik pemerintah yang tidak becus mengawasi tambang batu bara. Dia menyebut, ada sosok 'Ratu Batu Bara' yang kerap mengambil hasil tambang tersebut dan tidak melaporkannya ke pemerintah. Bahkan, uang yang dihasilkan dari penambangan ilegal itu mencapai Rp 2,5 triliun.

"Ada siapa ini namanya tadi, produksi 1 juta (ton) per bulan, tapi nggak laporan ke ESDM. Namanya Tan Paulin. Saya bilang, tangkap orang ini, siapa yang lindungi orang ini?" ujar Nasir dalam rapat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini